Transit Venus

Planet Venus

6 Juni 2012 sebuah fenomena yang sangat langka akan terjadi dan baru akan terulang kembali sekitar 100 tahun kedepan. Fenomena apakah itu? Fenomena tersebut adalah Transit Planet Venus atau gerhana planet venus. Selama 1 abad, transit venus hanya terjadi dalam dua pekan. Di abad ini transit Venus dapat diamati ditahun 2004 dan tahun 2012.

Fenomena Transit Venus sejatinya adalah peristiwa tepat sejajarnya Matahari, Venus dan Bumi dalam satu garis lurus ditinjau dari semua arah dimana Venus tepat berada di tengah–tengah. Hampir mirip dengan gerhana matahari hanya saja posisi bulan digantikan dengan planet venus. Pengamatan transit venus 2012 bukan lah awal dari pengamatan transit venus. Transit venus pertama kali diamati oleh astronom persia yaitu Ibnu Sina pada tanggal tanggal 24 Mei 1032 menjelang matahari terbenam kemudian disusul pengamatan pada 5 desember 1639, 6 Juni 1761 , 4 Juni 1769, 9 Desember 1874, 7 Desember 1882 dan terakhir 8 Juni 2004. Di indonesia, pengamatan transit venus dilakukan selama 3 kali dari delapan transit venus yang pernah diamati oleh manusia yaitu dua kali pengamatan pada zaman hindia belanda pada tahun 1761 dan 1769 oleh Johann Mauritz Mohr dan satu kali pengamatan transit pada tahun 2004 oleh para astronom dari observatorium Bosscha (Bandung), planetarium Jakarta (Jakarta), Yogyakarta dan sejumlah titik pengamatan lainnya. Bagi dunia ilmu pengetahuaan, transit Venus sarat dengan nilai historis dan fungsi edukatif. Misalnya guna penentuan jarak sebenarnya antara Bumi dan Matahari.

Posisi Matahari Venus dan Bumi

Transit Venus dapat kita saksikan di seluruh wilayah indonesia mulai sabang sampai merauke. Transit Venus mulai terjadi pada pukul 05.09 WIB hingga pukul 11.49 WIB sehingga untuk daerah yang menggunakan waktu indonesia bagian barat(WIB) akan menjumpai transit venus semenjak matahari terbit. Secara kasat mata 6 juni 2012 matahari mungkin tidak akan ada beda nya dengan hari biasa nya. Namun saat kita gunakan teleskop yang sudah dilengkapi filter matahari maupun binokular yang sudah dilengkapi filter matahari akan tampak bintik bulat di sekitar permukaan matahari. Itulah planet venus. Pengamatan transit venus akan lebih optimal bilamana kita memiliki teleskop maupun binokular yang sudah dilengkapi dengan filter matahari. Namun bagi anda yang tidak memiliki alat janganlah berkecil hati, secara berkala Kafe Astronomi dan Jogja Astro Club akan menyiarkan live streaming teleskop yang dapat anda akses di www.kafeastronomi.com/live dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang info, tahapan kontak transit venus, cara pengamatan transit venus dll kami sangat menyarankan anda untuk mendownload ebook panduan mengamati transit venus yang berjudul “Kala Bintang Kejora Melintas Sang Surya“. Berhubung fenomena ini merupakan fenomena yang amat sangat langka dan belum tentu cukup umur manusia untuk melihat transit venus di tahun 2117  maka kami sangat menyarankan anda untuk ikut melihat fenomena transit venus ini baik live streaming maupun menggunakan instrumentasi seperti teleskop dan binokular. Semoga langit cerah dan tidak ada halangan satupun untuk mengamati transit venus 2012. Salam Astronomi.

Panduan Untuk mengamati Fenomena Transit Venus dapat di download disini

Referensi : Kala Bintang Kejora Melintas Sang Surya

5 thoughts on “Transit Venus

1. “Secara kasat mata 6 juni 2012 matahari mungkin tidak akan ada beda nya dengan hari biasa nya.”
    Waa, berarti bisa disimpulkan ukuran Venus lebih kecil daripada bulan ini.?

2. “Secara kasat mata 6 juni 2012 matahari mungkin tidak akan ada beda nya dengan hari biasa nya.”
    Saya rasa bukan karena ukuran venus lebih kecil dari bulan,
    untuk ukuran telah kita ketahui bahwa venus lebih besar dari bulan.

matahari secara kasat mata terlihat seperti biasanya lebih dikarenakan jarak venus dengan bumi sangat jauh, sehingga meskipun sejajar dengan matahari, tetap saja bayangan yang ditimbulkan relatif kecil.
    sangat berbeda dengan apabila terjadi gerhana bulan,, bayangan atau umbra yang ditimbulkan bulan terhadap bumi sangat besar ,
    karena matahari tertutup oleh bulan yang notabene mempunyai jarak yang relatif dekat dengan bumi.
    ^_^;