Tiga Bintang Meledak Diawal Tahun 2013

Bintang

Ledakan bintang atau yang kerap disebut dengan supernova kembali terdeteksi di awal tahun 2013. Tidak hanya satu melainkan tiga supernova terdeteksi secara berturut-turut, masing-masing supernova terjadi di wilayah galaksi yang berbeda. Galaksi yang dimaksud adalah Messier 65, galaksi NGC 5669 dan galaksi NGC 5339. Sembari menunggu penamaan tetap bagi supernova, tim Virtual Telescope Project yang bermarkaskan di Italia membantu untuk mengkonfirmasi dan mencitrakan supernova dari laporan-laporan yang masuk dan dalam dua hari 3 citra supernova melalui unit teleskop planewave 17″ berhasil didapatkan berdasarkan dari laporan yang ada.

Supernova yang pertama ditemukan pada tanggal 3 maret 2013. Supernova ini terjadi pada lengan galaksi spiral batang NGC 5339 yang berjarak sekitar 120 juta tahun cahaya dari bumi kita. Mendengar laporan ini, Virtual Telescope Project (VTP) dalam kurun waktu selama satu bulan mencoba mengamati supernova yang telah terjadi. Alhasil supernova ini selama pengamatan mencapai puncak magnitudo sekitar 15,4 dan diberi nama supernova SN 2013aj.

Citra supernova SN 2013aj diambil menggunakan unit teleskop VPT planewave 17". Citra supernova diberi tanda |-. Sumber : Gianluca Masi, 2013.
Citra supernova SN 2013aj diambil menggunakan unit teleskop VTP planewave 17″. Citra supernova diberi tanda |-. Sumber : Gianluca Masi, 2013.

Berpindah lokasi menuju konstelasi leo tepat nya di lengan galaksi Messier 65 yang berjarak 35 juta tahun cahaya, sebuah supernova juga telah terjadi dengan kisaran magnitudo 16,1. Supernova yang terjadi diperkirakan masuk dalam kategori supernova tipe II. Supernova yang ditemukan diberi nama dengan Supernova SN 2013am.

Supernova SN 2013am diambil menggunakan unit teleskop VPT planewave 17". Citra supernova diberi tanda |-. Sumber : Gianluca Masi, 2013.
Supernova SN 2013am diambil menggunakan unit teleskop VTP planewave 17″. Citra supernova diberi tanda |-. Sumber : Gianluca Masi, 2013.

Disisi lain, ledakan bintang juga terjadi di salah satu lengan galaksi spiral batang NGC 5669. Supernova yang terjadi mencapai puncak kecerahannya pada magnitudo sekitar 14.8. Supernova ini diberi nama dengan Supernova SN 2013ab.

Supernova SN 2013ab diambil menggunakan unit teleskop VPT planewave 17". Citra supernova diberi tanda |-. Sumber : Gianluca Masi, 2013.
Supernova SN 2013ab diambil menggunakan unit teleskop VTP planewave 17″. Citra supernova diberi tanda |-. Sumber : Gianluca Masi, 2013.

Karena jaraknya yang sangat jauh dan diluar galaksi bimasakti maka ketiga supernova ini hanya dapat diamati dengan menggunakan teleskop-teleskop berkemampuan tinggi seperti teleskop planewave 17″ yang sudah dilengkapi dengan CCD untuk pengambilan citra galaksi dan tracking robotik.

Sumber : http://www.virtualtelescope.eu