Okultasi Saturnus 8 September 2019

Pengamatan Langit

Masih ingat betul di benak saya saat itu. Sore yang cukup cerah saya bersama tim Penjelajah Langit melakukan pengamatan yang boleh dibilang cukup langka yaitu okultasi planet Saturnus oleh Bulan. Peralatan yang digunakan tentunya harus memadai karena untuk bisa melihat dengan detail peristiwanya harus menggunakan teleskop. Namun sayang dokumentasi saat peristiwa okultasi planet Saturnus gagal diambil kala itu. Lima tahun berlalu dan kini peristiwa tersebut akan terjadi kembali. Ya, Okultasi Saturnus.

Okultasi Saturnus dipotret oleh Cory Schmitz. Kredit : Cory Schmitz

Okultasi adalah sebuah istilah yang digunakan ketika cakram benda langit yang tampak lebih besar menutup cakram benda langit yang lebih kecil. Agar lebih mudah untuk dipahami, okultasi bisa juga disebut sebagai gerhana meski secara definisi maupun pengertian okultasi dan gerhana tentunya berbeda. Okultasi bisa terjadi pada benda langit seperti planet dan bintang. Pada tahun 2015, Penjelajah Langit dkk bersama IOTA pernah mengamati okultasi sebuah bintang yang ada di rasi bintang sagittarius yakni bintang Delta Sagitari. Bintang Delta Sagitari dalam ukuran nyatanya sangat besar sekali namun karena jaraknya sangat jauh maka ia tampak sangat kecil di langit malam. Pada saat itu sebuah asteroid sedang melintas tepat didepan bintang Delta Sagitari dan secara otomatis sebuah peristiwa okultasi terjadi. Durasi saat asteroid melintas hanya selama 8 detik. Apa yang terjadi saat asteroid tersebut melintas? Bintang Delta Sagitarii secara mendadak menghilang dikegelapan malam selama beberapa detik dan setelah itu ia muncul kembali sebagai bintang sebelumnya. Itulah gambaran sederhana dari sebuah peristiwa okultasi.

Seperti halnya Okultasi Bintang, Okultasi Saturnus merupakan peristiwa dimana planet Saturnus akan tertutup oleh benda langit yang cakramnya tampak lebih besar dari permukaan Bumi kita. Benda langit yang “menggerhanai” planet Saturnus ini tak lain adalah Bulan. Okultasi Saturnus tidak selalu terjadi disetiap tahun. Namun untuk terjadi di wilayah yang sama khususnya di Indonesia umumnya butuh rentang waktu yang cukup lama. Okultasi Saturnus terakhir terjadi pada tanggal 4 Agustus 2014 dan okultasi tersebut akan kembali terjadi pada tahun 2019 ini tepatnya pada tanggal 12 Agustus 2019 dan 8 September 2019 untuk wilayah di Indonesia.

Peristiwa Okultasi Saturnus dapat kita amati pada tanggal 8 September 2019 sekitar pukul 21.18 WIB hingga pukul 22.09 WIB. Bulan yang berada pada fase Cembung Awal perlahan akan menutup planet Saturnus selama kurang lebih 51 menit. Planet Saturnus yang saat itu tampak sebagai bintang terang tak berkelip perlahan akan mulai hilang dari kegelapan malam. Peristiwa okultasi Saturnus ini dapat kita amati dengan menggunakan mata telanjang meski sangat disarankan menggunakan teleskop untuk bisa melihat proses detailnya.

Okultasi Saturnus oleh Wolfgang Paech. Kredit Wolfgang Paech

Jika kita mengamati okultasi Saturnus menggunakan mata telanjang, cobalah untuk melihat Bulan dan temukan planet Saturnus yang berwujud sebagai bintang terang tak berkelip yang berada di sebelah sisi timur Bulan. Pada pukul 21.18 WIB, planet Saturnus perlahan akan mulai mendekat dan kemudian menghilang sesaat “dimakan” oleh sang rembulan. Lima puluh satu menit kemudian atau pada pukul 22.09 perlahan planet Saturnus akan mulai muncul kembali dikegelapan malam dari balik Bulan sebagai bintang terang tak berkelip.

Okultasi Saturnus 8 September 2019 sayangnya tidak dapat diamati diseluruh kepulauan yang ada di Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia yang dapat mengamati hanyalah pulau jawa, bali, NTT, NTB, Sulawesi, Maluku dan Papua. Berikut ini adalah peta wilayah Indonesia yang dapat menyaksikan okultasi Saturnus 2019 dikutip dari Occult IOTA. Peta Interaktif klik Okultasi Saturnus 8 September 2019

Peta wilayah di Indonesia yang dapat menyaksikan peristiwa Okultasi Saturnus 8 September 2019. Kredit : Google Maps, Occult & Eko Hadi G

Bagi kawan-kawan yang tidak berkesempatan melihat peristiwa okultasi Saturnus 2019, kawan-kawan masih bisa memiliki kesempatan lain untuk melihat peristiwa okultasi Saturnus. Kapan? Silahkan lihat tahun dan tanggal pada artikel okultasi Saturnus pada link “Okultasi Saturnus“. Semoga langit cerah dan salam Penjelajah Langit.

Leave a Reply