Melihat 4 planet dengan Mata Telanjang

Pengamatan Langit

Di pertengahan bulan ini 3 planet terestrial dan 1 planet gas dapat kita amati sebelum matahari terbit. Mereka adalah Merkurius, Venus, Mars dan Jupiter. 4 Planet ini akan tampak berdekatan di langit timur sedikit ke utara atau tepatnya timur laut dengan azimuth kompas 75 hingga 80 derajat. Dalam perjalanan nya mengelilingi matahari atau revolusi, ada kalanya planet berada pada posisi yang tampak dari bumi seperti berdempetan dengan planet lain nya. Inilah yang terjadi pada ke empat planet tersebut. Merkurius, venus, mars dan jupiter dimana 4 planet ini seolah-olah berdekatan bila dilihat dari bumi. Jika kita lihat dengan simulasi orbit planet maka posisi dari keempat planet berada di samping matahari.

Orbit Planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars dan Jupiter. Credit : SkyViewCave 4.18

Penampakan keempat planet ini menyerupai bintang-bintang di sekeliling nya. Namun untuk membedakan nya sangat mudah, amati saja cahaya yang terpancar dari bintang itu. Planet mempunyai cahaya yang tidak berkelip-kelip dan tidak seperti bintang. hal ini disebabkan karena adanya turbulensi atmosfer yang mempengaruhi cahayanya yang memancar dari bintang sedang planet hanya memantulkan cahaya matahari layak nya bulan satelit alam kita dan cenderung lebih terang.

Bila dilihat dari tingkat kecerahan ke empat planet itu, Venus merupakan planet tercerah dari planet-planet lainnya sekaligus objek langit tercerah setelah bulan. Hal ini dikarenakan venus merupakan planet terdekat dan planet yang mempunyai besar diameter seperti diameter bumi. Setelah Venus maka diikuti si “Gas Raksasa” Jupiter. Jupiter merupakan planet terbesar di tatasurya namun karena jarak nya yang cukup jauh dari bumi maka morfologi jupiter di langit tampak kecil dan lebih redup dari pada venus. Menyusul Mars Si “Dewa Perang”, planet ini mirip dengan bintang yang berada pada Rasi Scorpius yaitu Antares. Mars merupakan planet yang diameter nya lebih kecil dari pada venus dan bumi sekaligus planet terdekat dengan bumi setelah planet venus. Morfologi nya dilangit pagi seperti halnya bintang namun tidak berkelip dan ia berwarna merah. Terakhir adalah Si kecil merkurius yang merupakan planet terkecil dari 8 planet di tatasurya dimana besar diameternya hanya 1,4 kali bulan kita. untuk mengamati nya, merkurius hanya tampak pada pagi hari dan sore hari. Hal ini dikarenakan jarak orbit merkurius yang cukup dekat dengan matahari dan morfologonya seperti bintang dan cahayanya tidak berkelip-kelip.

Fenomena penampakan keempat planet ini dapat kita amati hingga tanggal 23 Mei 2011 dimana merkurius berada pada ketinggian 6 derajat dari Horizon. Rentang Waktu untuk pengamatan yaitu sebelum matahari terbit sekitar pukul 04.00 WIB hingga pukul 5.30 WIB. Disarankan waktu untuk mengamati adalah pukul 04.30 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Posisi dari ke empat planet di langit berada pada arah timur sedikit ke utara atau sekitar 75 hingga 80 derajat azimuth kompas. Berikut tracking ke-empat planet dari tanggal 12 – 23 Mei 2011.