Kalender Peristiwa Astronomi Bulan Juli 2015

Kalender Peristiwa Astronomi

Planet

Merkurius
Merkurius

Planet Merkurius pada awal bulan Juli akan tampak tinggi di belahan langit timur sebelum Matahari terbit. Planet Merkurius akan berada di belahan langit timur hingga pertengahan bulan tepatnya tanggal 15 Juli 2015. Planet Merkurius akan tampak kembali pada akhir bulan Juli yakni tanggal 29 Juli berada di belahan langit barat setelah Matahari terbenam.

Venus
Venus

Di sepanjang bulan Juli 2015, Planet Venus akan terbit sejak Matahari terbenam. Planet Venus akan tampak seperti bintang terang dengan warna kuning menyala tidak berkelip dan berada di belahan langit barat. Saat sore berganti malam, planet Venus di akhir bulan Juli akan terbenam pada pukul 19.13 WIB.

Jupiter
Yupiter

Sepanjang bulan Juli, planet Jupiter akan terbit sejak Matahari terbenam. Posisi planet Jupiter berada di belahan langit barat. Pada awal bulan Juli, planet Jupiter akan terbenam pada pukul 20.05 WIB dan diakhir bulan Juli planet Jupiter akan terbenam pada pukul 19.18 WIB

Saturnus
Saturnus

Planet Saturnus akan terbit di belahan langit timur sejak Matahari terbenam. Di awal bulan planet Saturnus akan terbenam pada pukul 02.25 WIB dan diakhir bulan Juli akan terbenam pada pukul 01.25 WIB. Di sepanjang bulan Juli, planet Saturnus akan selalu tampak didepan rasi bintang Scorpius.

Formasi Bulan Planet

Segitiga Jupiter, Venus dan Bulan
18 Juli 2015 kembali planet Venus, Jupiter dan Bulan akan membentuk formasi segitiga. Pada sore itu Bulan berada dibawah planet Venus dan disamping kiri bawah planet Jupiter. Formasi segitiga Jupiter, Venus dan Bulan dapat anda saksikan di belahan langit barat mulai selepas Matahari terbenam hingga pukul 19.28 WIB.

stellarium-002

Aphelion Bumi
Dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, tepat pada tanggal 7 Juli 2015 pukul 02:41 WIB Bumi akan mencapai jarak terjauh dengan Matahari yakni sejauh 1.0166821 Satuan Astronomi. Peristiwa Bumi mencapai jarak terjauh dengan Matahari disebut dengan Aphelion. Dampak dari adanya peristiwa Aphelion adalah cakram Matahari di langit akan tampak lebih kecil bila dibandingkan dengan cakram Matahari di bulan-bulan lainnya. Selain dampak tersebut, tidak ada dampak lain selain dari peristiwa aphelion.

Bulan


Hilal 1 Syawal 1436 H
Hilal 1 Syawal diprediksikan akan terlihat pada tanggal 17 Juli 2015. Dari lokasi pengamatan yakni kota Yogyakarta, pada sore 16 Juli 2015 Matahari akan terbenam pada pukul 17.35 WIB dengan ketinggian Bulan mencapai 2 derajat 48 menit. Lamanya waktu waktu pengamatan hanya selama 13 menit 37 detik dan Bulan terbenam pada pukul 17.50 WIB. Sedang pada tanggal 17 Juli 2015, Matahari akan terbenam pada pukul 17.35 WIB dengan ketinggian Bulan mencapai 14 derajat 21 menit. Lamanya waktu waktu pengamatan selama 1 Jam 4 menit dan Bulan terbenam pada pukul 18.40 WIB. Berdasarkan ketinggian Bulan pada saat Matahari terbenam tanggal 16 Juli 2015, Bulan akan sangat sulit untuk di amati karena ketinggian Bulan hanya mencapai 2 derajat 48 menit sehingga hilal 1 syawal 1436 H di prediksikan akan tampak di belahan langit barat selepas Matahari terbenam pada tanggal 17 Juli 2015 dengan ketinggian Bulan 14 derajat 21 menit.

Bulan Purnama
Fase Bulan Purnama atau Full Moon di bulan Juli akan terjadi selama 2x yakni pada tanggal 02 Juli 2015 dan 31 Juli 2015.

Bulan Kuarter Akhir
Fase Bulan Kuarter Akhir di bulan Juli akan terjadi pada tanggal 08 Juli 2015.

Bulan Baru
Fase Bulan baru di bulan Juli akan terjadi pada tanggal 16 Juli 2015.

Bulan Kuarter Awal
Fase Bulan Kuarter Awal di bulan Juli akan terjadi pada tanggal 24 Juli 2015.

Galaksi


Galaksi Bimasakti
Pada bulan Juli 2015, Galaksi Bimasakti akan terbit semenjak Matahari terbenam WIB di belahan langit timur. Di awal bulan Juli, galaksi Bimasakti akan terbenam pada pukul 04.30 WIB sedang di akhir bulan pukul 04.00. Galaksi Bimasakti akan tampak seperti kabut tipis berwarna putih menjulang dari selatan ke utara.

Galaksi Andromeda
Disepanjang bulan Juli, galaksi Andromeda akan tampak cukup tinggi di belahan langit timur laut. Pada awal bulan, galaksi Andromeda akan terbit pada pukul 23.38 WIB dan pada akhir bulan pada pukul 22.51 WIB. Galaksi Andromeda terletak di rasi bintang Andromeda dan dapat anda saksikan menggunakan binokuler dan teleskop

Galaksi Awan Magellan Kecil
Galaksi Awan Magellan Kecil atau Small Magellanic Cloud(SMC) disepanjang bulan Juli akan tampak di belahan langit selatan hingga Matahari terbit. Awan Magellan Kecil di awal bulan Juli akan terbit mulai pukul 23.00 WIB dan pada akhir bulan Juli akan terbit pukul 22.30 WIB. Awan Magellan Kecil tampak seperti kabut tipis yang berjalan bersama bintang-bintang.

Galaksi Awan Magellan Besar
Galaksi Awan Magellan Besar atau Large Magellanic Cloud(LMC) disepanjang bulan Juli akan tampak dibelahan langit selatan hingga matahari terbit. Awan Magellan Besar di awal bulan Juli akan terbit di belahan langit selatan mulai pukul 03.30 WIB sedang diakhir bulan Juli akan terbit pukul 03.00 WIB.

Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil di langit belahan selatan. Sumber : Stellarium
Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil di langit belahan selatan. Sumber : Stellarium

Rasi Bintang

Rasi Bintang Gubug Penceng atau Crux
Rasi Bintang Gubug Penceng atau rasi bintang crux selama bulan Juli akan terbit sejak Matahari terbenam di langit barat. Di awal bulan Juli rasi crux akan terbenam pada pukul 23.45 WIB dan di akhir bulan Juli rasi bintang crux akan terbenam pada pukul 23.00 WIB.

Rasi Bintang Scorpius
Rasi Bintang Scorpius pada bulan Juli akan terbit semenjak Matahari terbenam. Bersamaan dengan terbitnya rasi bintang Scorpius, pada saat itu planet Saturnus tampak berada di depan rasi bintang Scorpius. Di awal bulan Juli rasi bintang Scorpius akan terbenam pada pukul 04.20 WIB dan di akhir bulan akan terbenam pada pukul 03.40 WIB.

Rasi Bintang Ursa Mayor
Rasi Bintang Ursa Mayor atau masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai rasi bintang Biduk pada awal bulan Juli 2015 akan terbit sejak Matahari terbenam. Rasi bintang Ursa Mayor berbentuk seperti sendok terbalik dan berada di belahan langit utara. Di awal bulan Juli Rasi bintang Ursa Mayor akan terbenam pada pukul 23.00 WIB dan pada akhir bulan Juli rasi bintang Ursa Mayor akan terbenam pada pukul 22.00 WIB.


Segitiga Musim Panas (Asterism)
Selama bulan Juli, segitiga musim panas atau Summer triangle yang dibentuk dari formasi bintang Altair – Deneb – Vega akan tampak di awal bulan pada pukul 20.00 WIB dan di akhir bulan Juli pada pukul 19.20 WIB. Segitiga Musim Panas merupakan asterism(rasi bintang yang tidak terdaftar dalam 88 rasi bintang) yang dibuat oleh orang-orang di belahan Bumi utara seperti benua Eropa dan Amerika untuk menandai datangnya musim Panas. Orang-orang di belahan Bumi utara meyakini jika Segitiga musim panas atau Summer triangle telah tampak di langit malam maka musim panas sebentar lagi akan dimulai.

Gugus Bintang

Gugus bintang Pleiades
Gugus bintang Pleiades atau yang ramah dengan sebutan the seven sister merupakan gugus bintang terang yang terletak di rasi bintang Taurus. Selama bulan Juli, gugus bintang Pleiades akan tampak di belahan langit timur. Di awal bulan Pleiades akan terbit pada pukul 03.00 WIB dan pada akhir bulan akan terbit pada pukul 02.30 WIB

Hujan Meteor


Hujan Meteor Sourthern Delta Aquariids
Peristiwa hujan meteor Sourthern Delta Aquariids akan mencapai puncak aktifitas hujan meteor pada tanggal 30 Juli 2015. Hujan meteor Sourthern Delta Aquariids memiliki radiant rasi bintang Aquarius yang terbit di langit timur laut pada pukul 20.30WIB. Melihat kondisi Bulan yang sedang berada pada fase menjelang Bulan Purnama atau Full Moon maka dalam satu malam dapat diprediksikan langit akan sangat terang dan meteor-meteor redup dari hujan meteor Sourthern Delta Aquariids tidak dapat teramati dengan baik.

Eksplorasi Luar Angkasa

Wahana Antariksa New Horizon tiba di Pluto

14 Juli 2015 akan menjadi hari bersejarah bagi dunia penjelajahan antariksa. New Horizon yakni wahana antariksa NASA yang telah diterbangkan pada 19 Januari 2006 akan mencapai planet kerdil Pluto. Sembilan setengah tahun lamanya New Horizon melakukan perjalanan dari Bumi menuju Pluto. Diprediksikan pada tanggal 14 Juli 2015 New Horizon dapat memotret planet pluto beserta satelit-satelit alamnya.

Timeline New Horizon. Sumber : NASA
Timeline New Horizon. Sumber : NASA

Leave a Reply