Kalender Peristiwa Astronomi Bulan Agustus 2015

Kalender Peristiwa Astronomi

Planet

Merkurius
MerkuriusSelama bulan Agustus planet Merkurius akan tampak tinggi di belahan langit barat setelah Matahari terbenam. Planet Merkurius akan tenggelam di awal bulan pada pukul 18.48 WIB dan di akhir bulan akan tenggelam pada pukul 19.10 WIB

Venus
VenusDi awal bulan Agustus 2015 hingga tanggal 8 Agustus 2015, Planet Venus akan terbit sejak Matahari terbenam dan tenggelam pada pukul 18.19 WIB. Planet Venus akan tampak seperti bintang terang dengan warna kuning menyala tidak berkelip dan berada di belahan langit barat. Kemudian Venus akan terbit kembali di ufuk timur sebelum Matahari terbit pada tanggal 21 Agustus hingga akhir Agustus pada pukul 04.56 WIB.

Mars
MarsDi sepanjang bulan Agustus planet Mars akan terbit di ufuk timur sebelum Matahari terbit. Di awal bulan planet Mars akan terbit sekitar pukul 04.48 WIB dan di akhir bulan pada pukul 04.35 WIB. Planet Mars akan tampak seperti bintang berwarna orange dan sangat rendah di ufuk timur.

Jupiter
YupiterDi bulan Agustus, planet Jupiter hanya terbit pada awal bulan hingga tanggal 12 Agustus. Planet Jupiter terbit sejak Matahari terbenam hingga pukul 18.18 WIB. Posisi planet Jupiter berada rendah di belahan langit barat.

Saturnus
SaturnusPlanet Saturnus akan terbit di belahan langit timur sejak Matahari terbenam. Di awal bulan planet Saturnus akan terbenam pada pukul 00.22 WIB dan diakhir bulan Agustus akan terbenam pada pukul 23.25 WIB. Di sepanjang bulan Agustus, planet Saturnus akan selalu tampak didepan rasi bintang Scorpius.
Waktu Kemunculan Planet Bulan Agustus

Formasi Bulan Planet



Bulan berdekatan dengan Merkurius
Pada 16 Agustus 2015, Bulan sabit muda akan berdekatan dengan planet merkurius sejauh 2 derajat 30 menit. Peristiwa ini dapat anda saksikan mulai Matahari terbenam hingga pukul 18.55 WIB

Gerhana Bintang(Okultasi)
Okultasi Beta Capricorni oleh Bulan
Pada 27 Agustus 2015, bintang Beta Capricorni atau Dabih akan tertutup cakram Bulan pada pukul 22.19 wIB hingga 22.58 WIB. Bintang Dabih memiliki magnitudo semu +3.05 dan peristiwa ini hanya dapat diamati menggunakan teleskop maupun binokuler.

Bulan

Bulan Kuarter Akhir
Fase Bulan Kuarter Akhir di bulan Agustus akan terjadi pada tanggal 07 Agustus 2015.

Bulan Baru
Fase Bulan baru di bulan Agustus akan terjadi pada tanggal 14 Agustus 2015.

Bulan Kuarter Awal
Fase Bulan Kuarter Awal di bulan Agustus akan terjadi pada tanggal 22 Agustus 2015.

Bulan Purnama
Fase Bulan Purnama atau Full Moon di bulan Agustus akan terjadi pada tanggal 30 Agustus 2015.

Galaksi



Galaksi Bimasakti
Pada bulan Agustus 2015, Galaksi Bimasakti akan terbit semenjak Matahari terbenam WIB di belahan langit timur. Di awal bulan Agustus, galaksi Bimasakti akan terbenam pada pukul 03.30 WIB sedang di akhir bulan pukul 03.00. Galaksi Bimasakti akan tampak seperti kabut tipis berwarna putih menjulang dari selatan ke utara.

Galaksi Andromeda
Disepanjang bulan Agustus, galaksi Andromeda akan tampak cukup tinggi di belahan langit utara. Pada awal bulan, galaksi Andromeda akan terbit pada pukul 21.36 WIB dan pada akhir bulan pada pukul 20.57 WIB. Galaksi Andromeda terletak di rasi bintang Andromeda dan dapat anda saksikan menggunakan binokuler dan teleskop

Galaksi Awan Magellan Kecil
Galaksi Awan Magellan Kecil atau Small Magellanic Clound(SMC) disepanjang bulan Agustus akan tampak di belahan langit selatan hingga Matahari terbit. Awan Magellan Kecil di awal bulan Agustus akan terbit mulai pukul 20.00 WIB dan pada akhir bulan Agustus akan terbit pukul 19.30 WIB. Awan Magellan Kecil tampak seperti kabut tipis yang berjalan bersama bintang-bintang.

Galaksi Awan Magellan Besar
Galaksi Awan Magellan Besar atau Large Magellanic Cloud(LMC) disepanjang bulan Agustus akan tampak dibelahan langit selatan hingga matahari terbit. Awan Magellan Besar di awal bulan Agustus akan terbit di belahan langit selatan mulai pukul 01.30 WIB sedang diakhir bulan Agustus akan terbit pukul 00.30 WIB.

Rasi Bintang



Rasi Bintang Gubug Penceng atau Crux
Rasi Bintang Gubug Penceng atau rasi bintang crux selama bulan Agustus akan terbit sejak Matahari terbenam di langit barat. Di awal bulan Agustus rasi crux akan terbenam pada pukul 22.11 WIB dan di akhir bulan Agustus rasi bintang crux akan terbenam pada pukul 21.32 WIB.

Rasi Bintang Scorpius
Rasi Bintang Scorpius pada bulan Agustus akan terbit semenjak Matahari terbenam. Bersamaan dengan terbitnya rasi bintang Scorpius, pada saat itu planet Saturnus tampak berada di depan rasi bintang Scorpius. Di awal bulan Agustus rasi bintang Scorpius akan terbenam pada pukul 02.00 WIB dan di akhir bulan akan terbenam pada pukul 01.30 WIB.

Rasi Bintang Orion
Rasi Bintang Orion atau masyarakat Jawa mengenalnya sebagai Lintang Luku pada awal bulan Agustus 2015 akan terbit pada 02.30 WIB dan di akhir bulan pada pukul 02.00 WIB. Rasi bintang orion terletak di belahan langit timur. Selama bulan Agustus Rasi bintang orion akan terbenam ketika Matahari terbit.

Asterisme



Segitiga Musim Panas
Selama bulan Agustus, segitiga musim panas atau Summer triangle yang dibentuk dari formasi bintang Altair – Deneb – Vega akan tampak di awal bulan semenjak Matahari terbenam. Segitiga Musim Panas akan terbenam di awal bulan pada pukul 02.40 WIB dan di akhir bulan Agustus pada pukul 02.00 WIB. Segitiga Musim Panas merupakan asterism(rasi bintang yang tidak terdaftar dalam 88 rasi bintang) yang dibuat oleh orang-orang di belahan Bumi utara seperti benua Eropa dan Amerika untuk menandai datangnya musim Panas. Orang-orang di belahan Bumi utara meyakini jika Segitiga musim panas atau Summer triangle telah tampak di langit malam maka musim panas sebentar lagi akan dimulai.

Segitiga Musim Dingin
Di pagi bulan Agustus akan tampak formasi segitiga bintang Betelgeuse – Sirius – Procyon. Ketiga bintang tersebut oleh orang-orang di belahan Bumi utara digunakan sebagai penanda datangnya musim dingin sehingga formasi ketiga bintang tersebut disebut sebagai Segitiga Musim Dingin. Segitiga Musim dingin diawal bulan Agustus akan terbit di belahan langit timur pada pukul 04.30 WIB dan di akhir Agustus akan terbit pukul 04.00 WIB



Gugus Bintang

Gugus bintang Pleiades
Gugus bintang Pleiades atau yang ramah dengan sebutan the seven sister merupakan gugus bintang terang yang terletak di rasi bintang Taurus. Selama bulan Agustus, gugus bintang Pleiades akan tampak di belahan langit timur. Di awal bulan Pleiades akan terbit pada pukul 01.00 WIB dan pada akhir bulan akan terbit pada pukul 00.00 WIB

Hujan Meteor

Hujan Meteor Perseids
Peristiwa hujan meteor Perseids akan mencapai puncak aktifitas hujan meteor pada tanggal 13 Agustus 2015. Hujan meteor Perseids memiliki radiant rasi bintang Perseus yang terbit di langit timur laut pada pukul 01.00WIB. Melihat kondisi Bulan yang sedang berada pada fase menjelang Bulan Baru atau New Moon maka dalam satu malam dapat diprediksikan langit akan sangat gelap dan meteor-meteor redup dari hujan meteor Perseids dapat teramati dengan baik. Kirimkan foto hujan meteor anda ke kafeastronomi@gmail.com dengan subyek FotoHuMetPerseids dan cantumkan nama sekaligus lokasi anda mengamat. Foto terbaik akan kami tampilkan di fanspage KafeAstronomi.com

Meteor-Meteor Perseid. Kredit : Wally Pacholka.
Meteor-Meteor Perseid. Kredit : Wally Pacholka.

Leave a Reply