Hujan meteor merupakan fenomena alam yang terjadi ketika intensitas meteor yang terlihat dilangit malam jauh lebih banyak dari intensitas meteor yang terlihat dimalam-malam biasanya. Dalam satu tahun setidaknya terdapat sekitar 32 hujan meteor dan 6 diantaranya adalah hujan meteor dengan intensitas jumlah meteor terbanyak dari 15 hingga 120 meteor setiap jam yang tampak dilangit malam. Hujan meteor dapat diamati dengan mata telanjang dan selama pengamatan seorang pengamat tidak diperkenankan untuk menggunakan teleskop maupun binokuler. Hal tersebut dikarenakan kemunculan meteor-meteor dilangit tidak dapat diprediksi arah dan waktu kemunculannya sehingga untuk mengamati hujan meteor pengamat harus melihat langit setiap saat. Adapun tips untuk mengamati hujan meteor dapat anda simak pada artikel Tips Melihat Hujan Meteor.

Hujan Meteor Perseid. Kredit : David-Kingham
Hujan Meteor Perseid. Kredit : David-Kingham

Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintasi orbit dan menarik sisa-sisa ekor komet maupun pecahan asteroid yang pernah melintasi orbit Bumi di masa lalu . Sisa-sisa ekor komet maupun pecahan asteroid dapat berupa batu maupun besi yang berukuran dari selebar jari kelingking manusia hingga sebesar kepalan tangan. Batu dan besi ini disebut sebagai Meteoroid. Saat Bumi berada pada orbit yang kaya akan meteoroid, perlahan meteoroid tersebut akan mulai ditarik oleh gaya gravitasi bumi dan meteoroid masuk ke dalam atmosfer bumi. Kecepatan meteoroid saat tertarik dan masuk di atmosfer bumi dapat mencapai kecepatan dari 18 hingga 71 km/detik. Kecepatan yang sangat tinggi ini akan menyebabkan permukaan meteoroid mendapat tekanan dan gesekan tinggi sehingga suhu di permukaan meteoroid menjadi panas, terbakar dan menyala hingga tampak seperti bintang jatuh.

Adapun meteoroid-meteoroid yang telah memasuki atmosfer bumi hingga kemudian terbakar dan menyala, oleh para astronom dikatergorikan kedalam 3 jenis yakni meteor, fireball dan Bollide.

Berikut adalah daftar nama hujan meteor yang terjadi dalam satu tahun.

Hujan Meteor Quadrantids
Hujan Meteor Alpha Centaurids
Hujan Meteor Gamma Normids
Hujan Meteor Lyrids
Hujan Meteor Phi Puppids
Hujan Meteor Eta Aquarids
Hujan Meteor Eta Lyrids
Hujan Meteor June Bootids
Hujan Meteor Piscis Austrinids
Hujan Meteor Southern Delta Aquarids
Hujan Meteor Alpha Capricornids
Hujan Meteor Perseids
Hujan Meteor Kappa Cygnids
Hujan Meteor Aurigids
Hujan Meteor September Epsilon Perseids
Hujan Meteor Draconids
Hujan Meteor Southern Taurids
Hujan Meteor Delta Aurigids
Hujan Meteor Epsilon Geminids
Hujan Meteor Orionids
Hujan Meteor Leonis Minorids
Hujan Meteor Northern taurids
Hujan Meteor Leonids
Hujan Meteor Alpha monocerotids
Hujan Meteor Phoenicids