Video Asteroid 2013 EC

Video Astronomi

2 maret 2013, kembali MLS (Mount Lemmon Survey) menemukan sebuah asteroid baru yang diberi nama dengan Asteroid 2013 EC. Dalam jajaran asteroid, asteroid 2013 EC merupakan asteroid yang masuk dalam kategori asteroid PHA atau Asteroid yang berpotensi berbahaya. Selang setelah diketahui profil orbit nya, Asteroid 2013 EC diperkirakan akan melintas dekat dengan bumi kita dengan jarak terdekatnya 370.000 km atau sejauh bumi dengan bulan pada 4 maret 2013. Asteroid 2013 EC diduga memiliki ukuran seperti asteroid(yang selanjut nya disebut meteor – saat asteroid memasuki atmosfer bumi) yang menimpa Rusia pada peristiwa Chelyabinsk 15 februari 2013 lalu.

Pasca ditemukannya asteroid 2013 EC, 3 Maret 2013 Tim Virtual Telescope Project dengan astronom Gianluca Masi sebagai promotor nya kembali mengadakan pengamatan terhadap “si batu besar” yang akan melintas dekat dengan bumi ini. Menggunakan teleskop robotik Planewave 17″, Asteroid 2013EC berhasil diabadikan dalam bentuk frame-frame gambar dengan integrasi pencahayaan selama 90 detik. Selama pengamatan, asteroid 2013 EC termasuk dalam benda langit yang susah untuk diamati karena hanya memiliki magnitudo semu +17,3 dan memiliki kecepatan laju yang amat cepat. 42 frame pun akhirnya didapatkan selama pengamatan dan alhasul sebuah video Asteroid 2013 EC dalam format gambar bergerak GIF dapat kita nikmati bersama dari hasil kerja keras Tim Virtual Telescope Project yang bermarkaskan di italia. Berikut Video Asteroid 2013 EC ditandai dengan tanda +

Foto asteroid 2013 EC yang ditandai dengan tanda +. Kredit : Gianluca Masi

Asteroid 2013 EC dalam format gambar bergerak GIF (Kapasitas 10,4 MB)

Sumber : Virtual Telescope Project

2 thoughts on “Video Asteroid 2013 EC

1. Assalamualikum Kang Hadi…terima kasih artikel2nya….memang tidak bisa melihat PanStarrS dan 2013 CE karena hanya bisa dilihat dengan binokuler…tapi ida masih bisa lihat hujan meteor sepertinya Gamma Normids kemaren 5 & 6 maret 2013 dini hari, soalnya ada didekat Rasi Crux / Centaurus (langit selatan)….3 meteor cukup kelihatan besar2 ampe nimbulin bunga api…tapi untuk lihatnya harus melototi langit…lamanya…tapi Subhanallah…
    ohya pak tgl 5 itu pukul 5:20 pas matahari terbit masih ada batu angkasa yang melintas dari arah barat laut ke timur laut cukup jelas…itu satelit atau apa ya????
    maaf panjang gubahannya…! mohon penjelasannya…makasih