Video Asteroid 2012 DA14 16 Februari 2013

Sabtu 16 Februari 2013 pagi dini hari sebuah asteroid seukuran separuh lapangan bola melintas dekat dengan bumi kita. Tim Teleskop Virtual atau Virtual Telescope Project yang bermarkas di Italia berhasil mengabadikan Asteroid 2012 DA14 dengan menggunakan teleskop robotik Planewave 17″ yang secara otomatis dapat dikendalikan melalui komputer. Dalam pencitraan ini setidak nya 17 gambar telah diambil untuk kemudian dibuat menjadi sebuah timelapse dengan interval eksposur selama 3 detik.



Jika anda melihat video ini akan tampak titik putih berkelap-kelip ditengah gambar yang tak lain adalah Asteroid 2012 DA14 yang melintas sangat cepat. Saking cepat nya asteroid 2012 DA14 melintas di angkasa, mounting teleskop yang seharus nya bergerak untuk mengamati bintang-bintang, mau tidak mau harus disesuaikan dengan kecepatan dari asteroid yang melintas. Hal ini dilakukan agar dalam pencitraan asteroid 2012 DA14, teleskop berhasil mendapatkan citra asteroid dalam bentuk sebuah titik bukan sebuah garis. Alhasil bintang-bintang di sekeliling asteroid yang seharus nya berbentuk sebuah titik harus berwujud seperti garis putih yang memanjang sebagai akibat dari dipercepat nya kecepatan tracking teleskop. Dalam tayangan ini agar kualitas gambar tidak berkurang maka timelapse dibuat dengan format gambar bergerak atau GIF.

Foto Asteroid 2012 DA14 dengan menggunakan teleskop robotik planewave 17″. Credit : Gianluca Masi, 2013.

Video Credit : Gianluca Masi – The Virtual Telescope Project, Ceccano (FR) Italy
(Kapasitas Gambar Bergerak: 11,7 MB)

Referensi : http://www.virtualtelescope.eu

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply