Tiga Bintang sejajar di langit malam

Tampak bintang sejajar tiga dilangit malam. Siapakah itu? Mungkin kah ia planet atau memang sebuah bintang? Jika iya siapa kah nama-nama bintang itu dan bernama rasi apa? Inilah pertanyaan yang akan kita kaji dalam pembahasan seputar rasi bintang.

Saat menatap nya dilangit malam seolah ketiga bintang itu mengajak kita berkenalan dan berkelip-kelip ketika memancarkan cahaya nya. Dialah bintang yang berbeda dengan planet. Dilangit malam bintang dan planet mungkin tidak dapat dibedakan namun jika kita mengamati nya dengan mata yang cukup “awas” maka akan terdapat perbedaan. Bintang selalu berkelip-kelip sedang planet tidak. Bagaimana cara membedakan nya? Untuk lebih jelas nya bisa kita baca pada artikel yang berjudul “Membedakan Planet dan bintang dilangit malam

Orang jawa menyebutnya sebagai rasi waluku atau rasi dimana pertanda musim bercocok tanam akan segera tiba. Dunia internasional khusus nya astronomi menyebit rasi waluku dengan sebutan nama rasi orion atau konstelasi orion. Dikegelapan malam rasi orion memiliki ciri yang sangat mencolok yaitu 3 bintang sejajar ditengah nya dan 2 bintang di kanan kiri nya. Tidak hanya itu saja, jika kita amati tampak pula kabut tipis sayup-sayup disebelah kanan bintang 3 itu yang tidak lain adalah nebula atau awan antar bintang. Nebula adalah tempat dimana bintang-bintang dilahirkan atau dengan kata lain nebula adalah rahim nya para bintang. Nebula yang terdapat pada rasi orion ini disebut nebula orion dan memiliki kode messier M42 atau Messier 42

Astrofotografi Messier 42 atau Nebula Orion. Credit : Eko Hadi G



Nama-nama bintang pada rasi orion cukuplah mudah di ingat karena nama nya yang cukup aneh dan hampir sama. Nama bintang sejajar itu adalah Mintaka, Alnilam dan Alnitak. Disebelah kiri nya ada 2 bintang, satu nya terang dan satu nya lagi redup – yang terang bernama Rigel dan yang redup bernama Saiph. Kemudian disisi kanan tiga bintang sejajar itu ada 2 bintang, satu berwarna merah dan satu nya redup berwarna putih. Bintang yang berwarna merah ini bernama Betelgeuse sedang yang berwarna putih bernama Bellatrix. Dari ke tujuh bintang ini bila kita tarik garis lurus dari satu bintang ke bintang lainnya akan membentuk sebuah wilayah dan wilayah inilah yang disebut dengan rasi bintang.
Rasi Bintang Orion

Sekilas nampak bintang-bintang itu seolah “menempel bersama” dilangit malam namun sesungguh nya dari ketujuh bintang yang telah disebutkan memiliki jarak antar bintang yang cukup jauh. Sebutlah tiga bintang sejajar itu mintaka, alnilam dan alnitak memiliki jarak yang sangat berjauhan. Mintaka berjarak 900 tahun cahaya, Alnilam 1.359 tahun cahaya dan Alnitak 800 tahun cahaya. Bila kita ibaratkan, kita sedang melihat 3 sepeda motor dari depan – yang berhenti kemudian menyalakan lampu depan nya. Jarak antar sepeda motor itu antara depan dan belakang berselisih 1 meter namun saat kita melihat nya tepat di depan sepeda motor itu pada jarak sekitar 100 meter yang akan kita lihat bahwa ketiga lampu sepeda motor “seolah-olah” tidak memiliki jarak alias ketiga sepeda motor itu berdekatan.

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

2 thoughts on “Tiga Bintang sejajar di langit malam

  • 09/08/2012 at 3:58 AM
    Permalink

    Alnilam, Alnitak dan Mintaka; tiga bintang inilah yang pertama kali membuatku terpesona menatap langit. Tapi di waktu sekarang ini, adanya shubuh. 

    • 10/08/2012 at 5:05 AM
      Permalink

      Iya untuk bulan agustus hingga desember rasi orion memang nampak dipagi hari. nanti kalo sudah menjelang maret april dia akan tampak disore hari.

Leave a Reply