SURABAYA ASTRONOMY CLUB adalah komunitas astronom amatir yang ada di Kota Surabaya. Ide dari terbentuknya klub ini berawal dari percakapan di milis Himpunan Astronomi Amatir Jakarta tentang belum adanya suatu komunitas serupa di Surabaya. Dari percakapan itulah, beberapa orang sepakat untuk memulai pembentukan klub astronomi amatir di Surabaya dengan membuat milis. Puncaknya pada 8 September 2006 bertempat di rumah Bapak Fauzani Marjana, terbentuklah secara resmi SAC.

 

Pasang Surut Kegiatan SAC

 

Pada awal terbentuknya klub, SAC beberapa kali mengadakan pertemuan dan pengamatan. Planetarium dan Observatorium Jakarta dan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta pun mengapresiasi terbentuknya klub ini. Namun, kurangnya frekuensi pertemuan dan pengamatan mengakibatkan berkurangnya antusias anggota. Milis SAC pun juga sudah jarang disinggahi oleh anggotanya.

 

Jejaring sosial mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan SAC. Di awal tahun 2011, SAC membuka page Facebook dan kemudian disusul dengan memulai kicauan di Twitter. Penggemar page Facebook dari hari ke hari semakin bertambah dan juga follower twitter. Langkah ini dilanjutkan dengan membuat blog dan akun kompasiana untuk pelaporan kegiatan SAC. Dengan semakin bertambahnya jumlah penggemar page, SAC memutuskan untuk membuat grup Facebook untuk lebih meningkatkan interaksi antar anggota. Kini tak kurang dari 1700 Cak dan Ning yang tergabung dalam Surabaya Astronomy Club via Facebook. Baru-baru ini kami pun melaunching official website kami yang tentu dengan harapan semakin memudahkan langkah kami dalam pemasyarakatan ilmu astronomi bagi khalayak ramai khususnya warga Surabaya.

 

Organisasi

Seperti halnya klub hobi lainnya, SAC secara organisasi masih bersifat cair. Pada awalnya belum ada kepengurusan. Selain itu, belum ada definisi dan kategori untuk penyebutan anggota. Sehingga jumlah anggota SAC tidak mudah untuk dihitung. Pada pertengahan tahun 2012, terbentuklah kepengurusan  yang diketuai oleh Bapak Yudi Suprihadi.

 

Dengan adanya kepengurusan ini, kegiatan lebih terorganisasi dengan baik. Pendataan anggota SAC semakin rapi, sehingga memudahkan penyebaran informasi kepada anggota. Anggota SAC terdiri dari warga Surabaya yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya. Namun, ada pula anggota SAC yang berdomisili di luar Jawa Timur bahkan di luar negeri.

 

Logo

 

Logo SAC diilhami dari obyek langit dan sifat kelokalan, dalam hal ini Surabaya. Bulatan biru dikelilingi bentukan menyerupai cincin melambangkan representasi obyek langit yaitu planet dengan cincinnya. Cincin juga menyerupai huruf “S” yang merupakan huruf pertama kata Surabaya. Selain itu, bentuk cincin juga menyerupai bentuk Suro dan Boyo yang merupakan lambang kota Surabaya. Warna dominan biru melambangkan jernihnya langit tanpa polusi cahaya dan polusi udara.

 

Kegiatan

 

SAC mengirimkan laporan kegiatan dan informasi astronomi berupa artikel ke sejumlah media massa. Salah satu media massa tersebut adalah kafeastronomi.com dan beritajatim.com. Selain itu kegiatan transit Venus 2012 juga diliput oleh ITS. Pada Seminar Himpunan Astronomi di ITB tahun 2011, SAC mengirimkam 2 poster bertemakan peran sosial media pada perkembangan SAC dan studi awal polusi cahaya di Surabaya.

 

Pada perayaan ulang tahun SAC yang ke-5, lomba astrofotografi diadakan untuk memberikan wadah anggota SAC berkespresi. Foto-foto dinilai oleh 2 juri yaitu M. Rayhan dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta dan Hanief T. dari Planetarium Tenggarong. Pada transit Venus tahun 2012, SAC mengadakan pengamatan bersama dengan mahasiswa dari Ascladent (Astronomy class for student)  ITS. Pengamatan ini berlangsung di Kenjeran Park, Surabaya. Sebelumnya, beberapa anggota SAC melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total 2012 di lokasi yang sama. Kegiatan pengamatan ini di kalangan astronomi amatir dunia dikenal dengan Star Party. Namun, SAC mengalihbahasakan menjadi Cak Mat (Cangkruk lan ngaMat). Istilah ini lebih kental unsur Suroboyoan-nya. Selain kegiatan pengamatan, SAC juga melakukan kunjungan ilmiah ke Planetarium AAL yang terletak di dalam kompleks museum Loka Jala Crana. Rencana ke depan, SAC akan melebarkan sayap dan memulai ekspansi pemasyarakatan astronomi besar-besaran, dimulai dari Surabaya, hingga tingkat Internasional.

 

Menginjak usia ke delapan membuat eksistensi kami di bidang pendidikan tidak perlu diragukan lagi, Surabaya Astronomy Club berbagi waktu, dan pengetahuan, untuk memberikan Pengalaman Astronomi yang unik. Kegiatan kami banyak di dominasi di lapangan, di bawah kaki langit. Terkadang, Anda bahkan bisa menemukan kami di tempat-tempat gila, seperti di ujung Anjungan.
SAC Adalah wadah sekaligus teman untuk melihat bintang bersama, dan menikmati keindahan langit yang berbasis di Surabaya. Anda tidak perlu mengetahui segala tentang astronomi, atau harus punya teleskop untuk ikut Star Party.

 

Astronomy is a Lasting Love !
Ingat cinta pertama Anda? Kemungkinan besar ia datang dan pergi. Tapi, astronomi adalah cinta yang bertahan. Apakah Anda tahu bahwa jika seorang anak atau remaja diperkenalkan dengan astronomi pada usia dini kemungkinan bahwa kekagumannya terhadap astronomi akan berkembang dan dibawa sampai ia dewasa? Dan, kami telah memperhatikan bahwa orang dewasa lebih mudah jatuh cinta dengan astronomi, dan cenderung untuk tetap suka.
Jadi harapan kami adalah menggandeng semua imajinasi Anda tentang astronomi, dan bersama-sama untuk dapat menikmati keajaiban alam semesta lalu tak perlu waktu lama bagi Anda untuk mulai melihat betapa Maha Besarnya Tuhan menciptakan Jagat raya ini.

 

berikut beberapa capaian serta penghargaan yang kami peroleh :

 

  1. Volunteer Hemat Energi di event 60+ Earth Hour 2013.
  2. Volunteer Penghijauan dalam rangka Hari Sejuta Pohon di Waduk Jurang Kuping, Benowo pada 11-12 Januari 2014.
  3. Salah satu peserta rutin Pengamatan Hilal dari Surabaya.
  4. Sebagai Host Event International Observe the Moon Night dua tahun berturut-turut sejak 2012 dan mendapat sertifikat Internasional, yang selanjutnya akan kembali di adakan pada 6 September 2014, serentak di seluruh dunia.
  5. Salah satu peserta pengamatan Transit Venus (event astronomi langka, 103.5 tahun sekali) pada 2012 di KENJERAN PARK dan mendapat sertifikat dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) Amerika Serikat.
  6. Menjalin hubungan multilateral dengan banyak komunitas baik dalam maupun luar negeri salah satunya TAKSASHILA ASTRONOMY CLUB (Salah satu komunitas astronomi terbesar di Nepal)
  7. Salah satu peserta dari seluruh dunia yang menyukseskan event Cassini took a picture of Earth 19 Juli 2013 dan mendapat sertifikat dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) Amerika Serikat.
  8. Pernah diliput oleh berbagai media baik cetak maupun elektronik, seperti ‘Laptop Si Unyil Trans|7’, Rubrik Metropolis Jawa Pos, Rubrik Komunitas di Harian Surabaya Pagi, Rubrik Community di Harian Pagi Surya, Talkshow di berbagai radio di Surabaya diantaranya Suara Muslim Surabaya 93.8 FM, Hard Rock 89.7 FM, Event Surabaya, SBO TV, BBS TV, Beritajatim.com, Kafeastronomi.com, dsb.

 

PIHAK-PIHAK YANG PERNAH TERLIBAT MENDUKUNG KEGIATAN SURABAYA ASTRONOMY CLUB

 

  1. A.    Pihak Pemerintahan

 

  1. Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur
  2. Departemen Agama Kota Surabaya
  3. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Dirgantara Bandung

 

  1. B.     Pihak Komunitas

 

  1. Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI)
  2. Inspiring Youth Educators (IYE)
  3. Indonesian Youth Motion (IYM)
  4. Akademi Berbagi Surabaya
  5. Surabaya Youth Carnival (SYC)
  6. Taksashila Astronomy Club Nepal
  7. Earth Hour Surabaya, dsb.

 

  1. C.    Pihak Media

 

  1. Trans Corp.
  2. Jawa Pos Group
  3. Harian Surabaya Pagi
  4. Harian Surya
  5. Radio Suara Muslim Surabaya 93.8 FM
  6. Radio Hard Rock 89.7 FM
  7. Event Surabaya
  8. BBS TV, dsb.

 

Contact Person :

Muchammad Thoyib, 08973916648/08813202325

 

 

Kesekretariatan :

Sekretariat Surabaya Astronomy Club

Tambak Pring Barat Gg. Masjid No. 8, Asemrowo

Surabaya 60182

Fanspage & Grup Facebook            :    Surabaya Astronomy Club

Akun Twitter                                     :    @Surabaya_Astro

Official Website                                 :    www.surabayaastronomyclub.com

Official Blog                                       :    www.laskarteropong.blogspot.com

E-mail                                                 :    surabayaastroclub@gmail.com