Stellarium

Software Astronomi

Jika anda seorang astronom atau pencinta langit malam pada umum nya, mungkin software yang satu ini harus terinstall pada komputer anda. Sebutlah namanya Stellarium. Dari namanya saja mungkin kita sudah bisa menebak apa itu stellarium. Stellar yang berarti bintang dan akhiran ium biasanya menandakan sebuah tempat. Ya, Stellarium merupakan sebuah software yang akan mensimulasikan bintang-bintang dilangit baik siang maupun malam secara realtime atau seperti pada kondisi sesungguh nya. Stellarium tidak hanya menampilkan bintang-bintang saja tapi juga mensimulasikan planet, galaksi, nebula, cluster dan objek astronomi lainnya. Pemandangan yang disuguhkan pun membuat kita serasa benar-benar berada di sebuah lapangan yang luas dan bisa melihat benda-benda langit seperti bintang dan kawan-kawannya. Penasaran? Kita coba yuk bahas satu persatu seputar Stellarium. ^_^

Kapasitas nya yang kecil dan sumberdaya komputer yang relatif rendah membuat software ini ramai digunakan oleh para pecinta astronomi maupun pecinta langit. Apalagi grafik dan pemandangan nya yang seolah-olah realistis membuat software di kalangannya iri. Berdasarkan pengalaman menggunakan berbagai macam software simulasi bintang, mungkin stellarium berada pada urutan pertama untuk grafik nya yang mendekati realistis dan tidak membutuh kan resource komputer yang tinggi. Stellarium mempunyai license GPL atau General Public License dimana kita bolah berbagi, memodifikasi dan menyebarluaskannya secara free tanpa dipungut biaya dari sipembuatnya atau lebih kerennya stellarium adalah software opensource.

Panorama Stellarium dari Berbagai Landscape dan waktu

Stellarium dapat kita dapatkan di www.stellarium.org. Mungkin bagi adik-adik saya yang sedang menempuh olimpiade astronomi maupun sedang mempelajari astronomi, stellarium dapat membantu belajar kita karena disamping mudah dalam pengoperasian nya stellarium juga mempunyai fitur-fitur seperti simulasi waktu, rasi bintang, seni rasi bintang, garis hayal(equatorial dan azimuth) dan juga zoom objek astronomi sehingga kita bisa melihat seperti apa wajah dari si objek tersebut. Agar performa tampilan stellarium dapat bekerja semaksimal mungkin, berikut artikel tentang Konfigurasi Stellarium

Siang hari dibawah terik matahari yang bersinar membuat pemandangan lapangan pada landscape stellarium seolah-olah tampak realistis. Biru nya langit dan efek dari sinar matahari menambah ke-realistis-san dari panorama landscape yang ada. Jika kita bosan dengan landscape yang ada, kita dapat menggantinya sesuai kemauan. Laut, permukaan bulan, badai, permukaan mars, pepohonan dan taman bunga dapat kita pilih menjadi landscape stellarium. Jika masih bosan, user juga dapat mendownload landscape-landscape yang telah disediakan di wiki stellarium. Setelah mentari terbenam dan malam menjelang, user akan disuguhkan simulasi pemandangan langit malam seperti pada kondisi nyata. Lengan galaksi bimasakti, hujan meteor dan bertebarannya jutaan bintang dilangit menambah keasyikkan kita menjelajah langit malam. Dengan menekan tombol “C” maka rasi bintang akan ditampilkan. Bintang yang satu dengan yang lainnya akan disatukan dengan sebuah garis lurus dan terciptalah puluhan rasi bintang seperti scorpius, orion, centaurus, gemini, sagitarius dan capricornus.  Pertunjukan tidak hanya berhenti sampai situ saja, stellarium akan menampilkan nama dari rasi bintang beserta gambar dari rasi bintang dan menambah keasyikkan kita bersimulasi seperti didunia nyata ketika menekan tombol “V” dan “R”.

Konstelasi Bintang dan Seni Rasi Bintang pada Stellarium

Lalu lalang nya satelit di langit terkadang membuat kita selalu ingin tahu apa nama satelit yang melintas diatas kita. Pada stellarium juga dilengkapi plugin simulasi satelit. Sehingga kita dapat mengetahui nama satelit yang sedang melintas di langit dengan catatan waktu harus benar-benar tepat.

Tracking Satelit secara Realtime pada Stellarium