Southern Hemisphere

Inilah karya pertama ku tentang startrail. Startrail sejati nya merupakan potret dari lintasan bintang2x yang tampak berjalan terbit di timur dan tenggelam di barat. Dalam foto ini tampak garis-garis terang dilangit yang tak lain adalah bintang-bintang yang berjalan melewati lintasan nya dilangit malam. Di Indonesia khusus nya, melalui foto ini tampak bintang di atas bukit membentuk suatu pusaran yang tak lain adalah kutub selatan langit sehingga bila kita amati pada daerah kutub selatan langit maka bintang yang berada pada pusat kutub selatan langit tidak akan bergerak alias diam disitu saja.

Pengambilan foto ini memakan waktu sekitar 1 jam 24 menit dengan kondisi langit cerah sedikit berawan suhu sekitar 20º C. Hampir sekitar 168 frame foto didapat namun seiring awan yang sering bermunculan diatas bukit membuat beberapa foto cenderung menjadi tidak optimal saat memotret bintang. Foto ini merupakan hasil penggabungan (stacking) dari 55 frame foto dimana 1 frame menggunakan exposure 30 detik ISO 3200. Foto diambil di piyungan, yogyakarta, Indonesia.

Astrophotographer : Eko Hadi G
Camera : Canon EOS 500D
Stacking 55 frame@30 Seconds
Digital Processing with Startrails, Photoshop CS2 & Lightroom
Location : Piyungan, Yogyakarta, Indonesia

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, penelitian seputar etnoastronomi merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya di komunitas astronomi Penjelajah Langit. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

2 thoughts on “Southern Hemisphere

Leave a Reply