Setangkai kenangan bersama lyrids

22 April 2012 tepat nya pukul 02.00 WIB perburuan meteor yang memiliki radiant di rasi lyra pun usai. Hujan meteor lyrids kali ini sungguh spesial bagi kami semua. Selain banyak nya meteor yang kami saksikan dalam semalam, cuaca dan kondisi langit amat sangat mendukung. 51 meteor dan 1 fireball dapat kami lihat. Tidak hanya itu saja, para penikmat pemandangan meteor ini saling berteriak satu dengan yang lain nya saat melihat meteor yang lalu lalang di atas langit yang beratapkan galaksi bimasakti. Skygazers yang ikut pun dimulai dari kalangan anak SMA hingga ibu-ibu yang menemani putri nya melihat fenomena langit indah ini. Sang ibu pun baru tau juga “ternyata seperti ini to lintang alihan.” Bagi masyarakat jawa, zaman dahulu meteor yang melintas disebut dengan lintang alihan atau bintang berpindah. Dinamakan demikian karena penampakan nya yang mirip bintang namun bergerak cepat. Kami semua berjumlah 17 orang dan setiap kami yang ikut dapat menyaksikan minimal satu meteor.



Untuk mendapatkan moment yang seperti ini di mana langit terbebas dari cahaya bulan selama satu malam, ditahun 2012 hanya terdapat dalam 2 kali peristiwa hujan meteor yaitu hujan meteor lyrids dan hujan meteor geminids pada bulan desember 2012. Penjelajahan langit pun diteruskan dengan salah satu diantara kami yang menjadi pemandu penjelajahan langit kami. Mengenal rasi bintang, mengenal nama bintang hingga melihat beberapa objek mesier kami kantongi dalam diary kenangan kami saat melihat hujan meteor. Tak terbendung canda dan tawa saat kami mulai saling bertingkah. Mulai dari yang perutnya lapar, bercerita tentang naruto hingga foto-foto bersama galaksi bimasakti. Keceriaan pun terlukis di wajah kami semua. Dalam benak kami saat itu yang ada hanyalah suka, ceria dan tawa. Kami bebas berteriak saat melihat meteor yang menampakkan kemilau cahaya nya. Hmmm… Sungguh malam yang indah. Tak terasa langit sudah mulai pagi dan waktu menunjukkan pukul 02.00. Mesin motor kami nyalakan. Semua barang-barang kami benahi dan kami mulai kembali mengendarai motor menuju kota Yogyakarta.

Foto Bersama dengan berlatar belakangkan lengan dari galaksi bimasakti

 

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, penelitian seputar etnoastronomi merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya di komunitas astronomi Penjelajah Langit. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

3 thoughts on “Setangkai kenangan bersama lyrids

Leave a Reply