Serunya Pengamatan Hujan Meteor Perseids 2018

Penjelajah Langit

Pada tanggal 11-12 Agustus 2018 Komunitas Amatir Penjelajah Langit mengadakan pengamatan fenomena Hujan Meteor Perseids. Sebanyak kurang lebih 70 orang peserta dari berbagai kalangan hadir pada kegiatan pengamatan yang dilaksanakan di Lapangan Gerdayak, Desa Girijati, Purwosari, Gunungkidul.

Penjelasan hujan meteor oleh salah seorang anggota Penjelajah Langit. Kredit : Annas Jati Abdillah, Penjelajah Langit

Hujan Meteor Perseids yang memiliki intensitas meteor 80-110 meteor/jam menjadikannya sebagai fenomena alam yang tepat untuk mengajak masyarakat umum melihat serta mengenal lebih dekat tentang hujan meteor. Melalui kegiatan ini juga, Penjelajah Langit dapat mengedukasi masyarakat tentang ilmu astronomi yang masih awam diketahui oleh masyarakat.

Meteor Sporadiks terekam saat pengamatan hujan meteor. Kredit : Annas Jati Abdillah, Penjelajah Langit

Seluruh peserta berkumpul terlebih dahulu di meeting point SPBU Kretek (Bantul) dari pukul 20.00 – 22.00 WIB, sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi pengamatan secara bersama-sama.

Kegiatan pengamatan diawali dengan sosialisasi mengenai polusi cahaya dan dampaknya terhadap kehidupan makhluk hidup lain dengan penekanan lebih pada dampaknya terhadap pengamatan benda langit di malam hari.
Untuk mempraktekan pengetahuan tersebut, para peserta diminta untuk menyalakan dan mengarahkan senter mereka ke arah langit, lalu setelah beberapa saat mematikannya. Para peserta dikenalkan dengan perbedaan antara langit yang terpapar oleh polusi cahaya dengan langit yang bebas dari polusi cahaya.

Setelah itu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi mengenai berbagai hal umum terkait astronomi, diantaranya tentang hujan meteor dan cara pengamatannya, serta mengenal benda-benda langit yang tampak pada saat pengamatan (planet mars, bintang, rasi bintang, gugus bintang, galaksi andromeda, dll). Kegiatan lalu dilanjutkan dengan pengamatan hujan meteor bersama.

Sembari menikmati hujan meteor peserta mengisi waktu dengan foto berlatar belakangkan bintang-bintang. Kredit : Penjelajah Langit

Sekitar 20-30 meteor berhasil teramati oleh para peserta saat pengamatan berlangsung. Selain mengamati langit, para peserta juga bergantian mengambil foto dengan berlatar belakang bintang-bintang.

Meski mencapai 70 peserta, hanya sedikit dari mereka yang dapat berfoto dengan rasi bintang orion. Kredit : Penjelajah Langit

Note:
Ucapan Terima kasih disampaikan kepada para pihak yang telah membantu agar dapat terlaksananya kegiatan ini;
1. Kepala Desa Girijati beserta perangkat desa,
2. Pihak Kepolisian Sektor Purwosari, serta
3. Masyarakat Desa Girijati.