Seminar Astronomi dan Budaya (Sindara) 30 Mei 2015

Yogyakarta., Pusat Astronomi (Pastron) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta akan mengadakan Seminar Astronomi dan Budaya (Sindara) yang akan dilangsungkan pada tanggal 30 Mei 2015 di Auditorium kampus 3 UAD. Yudhiakto Pramudya selaku Ketua Panitia Sindara 2015 mengatakan :”Seminar ini selain bertujuan sebagai wadah diskusi peneliti astronomi dalam budaya juga sebagai wahana untuk dokumentasi kekayaan dan kearifan lokal nusantara yang berkaitan dengan astronomi”. Penentuan musim tanam padi, penentuan arah dengan menggunakan rasi bintang, Kalender dan bahkan beberapa pembangunan situs bersejarah yang berlatar belakang astronomi merupakan beberapa contoh bahwa kekayaan bangsa Indonesia dalam bidang Astronomi yang berkaitan dengan budaya lokal sangatlah banyak dan beragam. Sayangnya tidak banyak publikasi hasil penelitian yang diketahui oleh publik mengenai hal tersebut. Sindara adalah ajang yang tepat untuk publikasi dan dokumentasi mengenai hal tersebut.

Prof. Dr. Bambang Hidayat dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai salah satu pioneer yang sangat mumpuni di bidang Astronomi di Indonesia akan hadir sebagai keynote speaker. Drs. Bambang Budi Utomo (Pusat Penelitian Arkeologi Nasional), Drs. Widya Sawitar (Planetarium dan Observatorium Jakarta) dan Drs. Sriyatin Shodiq, SH., MA (PP Muhammadiyah) akan menjadi pembicara utama lainya. Paduan antara ilmu astronomi, arkeologi, pengamatan dan penelitian antariksa, dan kajian astronomi Islam akan membuat seminar ini menjadi sangat menarik.

Penyelenggaraan Sindara juga didasari oleh pentingnya edukasi astronomi pada masyarakat terutama menjelang Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 di beberapa daerah di Nusantara. Astronom Internasional dan nasional telah bergerak untuk melaksanakan pengamatan di beberapa daerah di Indonesia. Mitos tentang raksasa yang memakan Matahari dan larangan mengamat Gerhana Matahari telah menjadi bagian dari budaya nusantara. Sudah saatnya masyarakat modern sekarang teredukasi dan bisa menikmati gerhana matahari ini. Jangan sampai kita takut dan bersembunyi dari fenomena yang menunjukkan kebesaran Tuhan YME. Sindara menjadi salah satu wahana edukasi bagi masyarakat, pelajar, dan mahasiswa tentang betapa asik dan menariknya astronomi dan antariksa. Adapun informasi lebih lanjut dapat anda akses pada alamat website sindara http://pastron.uad.ac.id/sindara

Poster-Sindara

Leave a Reply