Selamat Ulang Tahun yang ke-3 Penjelajah Langit

Selamat Ulang Tahun yang ke-3 Penjelajah Langit!

Hari ini merupakan hari bersejarah bagi komunitas astronomi Penjelajah Langit. 3 tahun yang lalu sejumlah pemuda berkumpul untuk membentuk sebuah komunitas astronomi yang berjalan di bawah naungan penuh KafeAstronomi.com. Komunitas astronomi tersebut bernama Penjelajah Langit.

Penjelajah Langit lahir pada 20 Juli 2013 saat musim kemarau tiba. Tanggal kelahirannya terabadikan dalam logo Penjelajah Langit. 20 bintang yang terdapat dalam rasi-rasi bintang, 7 bintang utama yang mengelilingi serta dua buah kata “Since 2013” merupakan tanggal dimana Penjelajah Langit dilahirkan yakni 20-7-2013. Dua anak manusia yang saling bergandengan tangan memiliki arti berupa semangat kebersamaan untuk saling berbagi ilmu kepada siapa saja dan dimana saja. Icon teleskop yang identik dengan logo KafeAstronomi.com memiliki makna bahwa dengan KafeAstronomi.com, Penjelajah Langit mampu berkiprah tidak hanya dalam aktifitas maupun kegiatan astronomi lapangan saja melainkan juga dalam media sosial, website dan dunia maya.

Logo Penjelajah Langit
Logo Penjelajah Langit

Penjelajah Langit merupakan Komunitas Astronomi yang lahir dari KafeAstronomi.com dan dalam perjalanannya Penjelajah langit berada dibawah naungan serta tanggung jawab penuh dari KafeAstronomi.com. Penjelajah Langit diciptakan untuk menjadi fasilitator, astronomy educator sekaligus divisi lapangan KafeAstronomi.com yang memiliki tugas utama yaitu merealisasikan visi Bringing Astronomy to the people dan misi membumikan astronomi di Indonesia.

Dalam umurnya yang masih sangat muda, semangat untuk berbagi kepada sesama serta kerja keras untuk membangun dan mengembangkan komunitas membuahkan hasil yang cukup membanggakan salah satu diantaranya adalah hasil penelitian seputar Etnoastronomi yang telah di publikasikan pada sebuah seminar Astronomi nasional di kota Yogyakarta. Selain itu, pada 9 Maret 2016 yang lalu, Penjelajah Langit mengukir sejarah baru dalam dirinya yakni bekerjasama dengan institusi dan pemerintah kota untuk mengadakan pengamatan akbar Gerhana Matahari Total di kota Yogyakarta dan Palangkaraya.

Layaknya pohon yang rindang semakin tumbuh ke atas angin bertiup semakin kencang. Tantangan serta tanggung jawab Penjelajah Langit terhadap tugasnya untuk membumikan astronomi di Indonesiapun semakin besar sehingga dalam menginjak umur yang ketiga ini kami dari keluarga besar komunitas astronomi Penjelajah Langit mengharapkan doa kepada masyarakat Indonesia agar Tuhan selalu meridhoi dan memudahkan perjalanan kami untuk selalu membawa ilmu astronomi ke masyarakat. Tak lupa kami mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke atas dukungan dan doanya selama ini. Semoga dalam perjalanannya Penjelajah Langit semakin memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia. Aamiin

Dari Kami Penjelajah Langit 🙂
3 tahun
Note : untuk memperingati hari kelahiran Penjelajah Langit sejumlah anggota Penjelajah Langit mengganti FP maupun DP media sosialnya dengan menggunakan logo Penjelajah Langit. Kamu? Yuk ikutan ganti ^_^

Leave a Reply