Segitiga Musim Dingin


Jika di musim panas kita mengenal trio bintang yang disebut sebagai segitiga musim panas(Deneb, Altair dan Vega), maka di musim dingin kita juga akan mengenal sebuah segitiga bintang yang menjadi penanda dari datang nya musim dingin. Ketiga bintang itu dinamakan sebagai segitiga musim dingin.

Bagi masyarakat di permukaan bumi belahan utara saat musim dingin tiba, dilangit malam akan tampak tiga bintang terang menerangi langit. Mereka adalah sirius, procyon dan betelgeuse. Bila kita mengamati ketiga bintang itu kemudian kita tarik garis lurus dari bintang ke bintang ternyata ketiga bintang itu membentuk sebuah bangun datar yaitu segitiga. Oleh masyarakat bumi belahan utara Sirius, Proyon dan betelgeuse mendapat gelar sebagai bintang segitiga musim dingin.


Ketiga bintang terang yang menjadi bintang segitiga musim dingin, sejatinya merupakan bintang-bintang yang terletak pada rasi bintang yang berbeda dan saling berjauhan. Sebutlah Sirius, sirius berasal dari rasi bintang Canis Mayor atau rasi anjing besar, Procyon berasal dari rasi bintang Canis Minor atau rasi anjing kecil dan Betelgeuse berasal dari rasi bintang sang pemburu atau rasi Orion. Jika kita mengamati kembali dan membandingkan Sirius, Procyon dan Betelgeuse dengan bintang-bintang dalam anggota bintang di masing-masing rasi bintang yang mereka miliki ternyata mereka adalah bintang-bintang yang paling terang dalam rasi bintang nya dengan kata lain penamaan bintang berdasarkan Penamaan Bayer maka sirius, procyon dan betelgeuse memiliki awalan nama dengan alfabet yunani “Alpha”.

Sirius si Alpha Canis Majoris
Selain menjadi bintang terang di rasi bintang Canis Mayor, sirius ternyata juga memiliki gelar sebagai bintang paling terang di langit malam dengan manitudo semu nya -1.46. Nama sirius diambil dari bahasa yunani kuno “Seirios” yang artinya “yang menyala-nyala” atau “yang mengagumkan”. Sirius dalam klasifikasi bintang harvard memiliki kelas sebagai bintang kelas A dimana suhu permukaannya diperkirakan mencapai 7.500º hingga 10.000º kelvin jauh lebih panas dibandingkan suhu matahari kita. Sirius adalah salah satu bintang tetangga dekat matahari kita dengan jarak 8,6 tahun cahaya dari bumi kita.

Procyon si Alpha Canis Minoris
Menjadi bintang terang di antara bintang-bintang di rasi bintang Canis Minor, Procyon merupakan bintang yang sedikit lebih dingin dibandingkan sirius dengan suhu kisaran 6.000º hingga 7.500º Kelvin. Dengan kata lain Procyon dalam klasifikasi bintang harvard memiliki kelas sebagai bintang kelas F. Procyon terletak pada jarak 11,46 tahun cahaya dari bumi kita dengan magnitudo semu 0,34 lebih redup ketimbang sirius.

Betelgeuse si Alpha Orionis
Bintang tertua sekaligus paling terang di rasi orion, nama betelgeuse diambil dari bahasa arab “Yad al-Jauza'” yang artinya “tangan al-Jauza”. Betelgeuse dalam klasifikasi bintang masuk dalam kelas M dan ia merupakan bintang maha raksasa dengan warna merah. Dibandingkan dengan matahari kita, betelgeuse 1000 kali lebih besar dari matahari kita dan memiliki jarak dengan bumi kita mencapai 643 tahun cahaya.

Bintang segitiga musim dingin. Sumber : Eko Hadi G, 2013
Bintang segitiga musim dingin. Sumber : Eko Hadi G, 2013

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply