Review Aplikasi Penjelajah Langit Versi Antares

1 September yang lalu Penjelajah Langit dan KafeAstronomi.com merilis sebuah aplikasi terbaru untuk smartphone berbasis android bernama Penjelajah Langit. Seperti nama komunitas astronomi kami, aplikasi Penjelajah Langit merupakan aplikasi yang diciptakan untuk membantu kita dalam pengamatan langit. Aplikasi Penjelajah Langit perdana memiliki nama versi yakni Antares. Nama Antares diambil dari nama bintang terang di rasi bintang Scorpius.

home-crop

Versi perdana dari aplikasi ini memberikan 3 fitur utama yaitu informasi mengenai peristiwa astronomi yang dikemas dalam kalender astronomi, informasi mengenai cuaca setempat dan informasi mengenai komunitas astronomi Penjelajah Langit. Gimana penasaran pingin coba? Jika anda belum mencoba aplikasi tersebut ada baiknya anda membaca review aplikasi tersebut dari kami.

Fitur pertama yang akan kita bahas pada aplikasi Penjelajah Langit adalah fitur Kalender Astronomi. Fitur Kalender astronomi menyuguhkan tampilan yang sangat sederhana pada mulanya yakni berisi tentang daftar bulan-bulan hingga tahun 2016. Kemudian setelah kita pilih salah satu dari bulan tersebut maka akan muncul daftar peristiwa yang akan terjadi pada bulan yang telah kita pilih tentunya dilengkapi dengan tanggal peristiwa akan terjadi. Nah saat kita pilih salah satu peristiwa pada daftar peristiwa maka aplikasi Penjelajah langit akan memberikan informasi berupa tanggal peristiwa dan deskripsi singkat dari peristiwa seperti waktu terbaik untuk mengamati peristiwa tersebut. Woww… berfungsi banget kan buat nentuin jadwal kalo kita pingin ngadain pengamatan langit? Udah pingin installkah? Wait tunggu dulu mari kita bahas fitur selanjutnya.

kalender

Fitur selanjutnya adalah fitur cuaca dimana fitur ini memberikan kondisi cuaca terkini di tempat kamu berada. Dengan adanya fitur ini kita dapat mengetahui arah angin, kecepatan angin, waktu terbit serta terbenamnya Matahari. Mengapa kita harus tau kecepatan dan arah angin? Yup, pada saat kita melakukan pengamatan langit awan adalah salah satu hal yang patut kita perhitungkan. Apakah dia adalah awan pembawa hujan atau bukan? Jika kita mengetahui kecepatan dan arah angin maka kita setidaknya dapat memperkirakan pergerakan awan tersebut. Apakah mengarah ke lokasi pengamatan atau tidak. Lokasi pada fitur cuaca dapat di ubah sesuai lokasi kita berada. Jika lokasi yang anda cari tidak tersedia maka anda dapat memeriksa ketersediaan nama kota di situs openweather.org karena layanan fitur cuaca di dukung oleh openweathermap.org

cuaca

Nah fitur terakhir adalah fitur tentang komunitas astronomi Penjelajah Langit atau Tentang PL. Pada fitur Tentang PL, aplikasi memberikan kita informasi mengenai sejarah singkat serta visi dan misi komunitas Penjelajah Langit di Indonesia. Penasaran pingin coba? Nah jika kawan-kawan penasaran ingin mencobanya, silahkan buka google play dan pada kolom pencarian ketik Penjelajah Langit maka akan muncul nama aplikasi kami dengan logo komunitas astronomi Penjelajah Langit. Klik Install dan buka aplikasi Penjelajah Langit. Aplikasi Penjelajah Langit membutuhkan jaringan internet agar fitur cuaca dapat berfungsi dengan baik. Nah jika anda tidak memiliki jaringan internet, aplikasi akan memunculkan jendela pemberitahuan kepada anda. Hmmm tunggu apa lagi? Yuk download dan install. Jangan lupa kasih rating bintang lima yaaa. Saran, kritik dan masukan dapat temen-temen layangkan ke email kami di [email protected]

Klik tombol diatas untuk mengunduh aplikasi Penjelajah Langit di google play store.
Klik tombol diatas untuk mengunduh aplikasi Penjelajah Langit di google play store.

Leave a Reply