Cak Mat Edisi Meteor Shower : Lyrids & Star Party “Hari Astronomi Sedunia” 2013

Event : Cak Mat Edisi Meteor Shower:Lyrids & Star Party “Hari Astronomi Sedunia”

Waktu : Sabtu, 20-21 April 2013 pk. 22.00 s/d 03.30 wib

Tempat : Kenpark, Surabaya

Jumlah Peserta : 19 org

Piranti Pendukung :
1. 3 Telescop
2. 3 binocular
3. Laptop
4. HP android
5. Digital Camera

Lyrids Meteor Shower yg terlihat : 6 buah

Sekilas ttg Lyrids Meteor Shower : Lyrids bisa terihat mulai tanggal 16 hingga 25 April, dan puncaknya pada 21 dan 22 April. Lyrids adalah hujan meteor rata-rata, yang bisa menampilkan hingga 20 meteor per jam. Istimewanya, hujan meteor Lyrids menampilkan ekor debu yang cukup terang dalam beberapa detik. Siap-siap terpana deh. Meteor ini muncul dari Konstelasi Lyra Kegiatan Lyrids Meteor Shower & Star Party : Kegitan yg difokuskan dengan berlokasi di Pantai Ria kenjeran surabaya(anjungan) dimaksudkan untuk mengamati berjalannya pertunjukan langit(Lyrids Meteor) dan ikut meramaikan hari asronomi sedunia.Penentuan lokasi dan waktu telah direncakan saat cangkruk bareng di Taman Bungkul(7 April 2013) dengan beberapa anggota,karna diharuskan lokasi yang sedikit polusi cahaya yang sangat berpotensi menggangu pengamatan.Anggota diharuskan datang pada pukul 22.00 WIB,prasangka buruk sempat terbesit,karna kondisi langit yang menunjukan adanya konsentrasi hujan,namun situasi di TKP tidak begitu.Pada pukul 22.00 beberapa anggota belum lengkap semua nya,karna di daerah anggota ada yang gerimis & hujan,dan sempat crux dilihat oleh anggota namun dengan seiring berputarnya waktu, anggota pun muncul dari kandangnya satu per satu.
Pada pukul 00.00 WIB komplotan SAC pun bergerak ke arah anjungan beriringan dengan sepoi angin laut.Persiapan set up teleskop dengan beralaskan tanah anjungan dan banner tidak terelakan.satu persatu arah sorotan mata tertuju ke laut(konstelasi Lyra),tapi sekali lagi dan lagi keadaan langit yang tidak mendukung(berawan mendung).

Puncak Acara Surabaya Astronomy Club yang sangat terobsesi melihat hujan Lyrids pun sedikit lega,dikarenakan beberapa anggota bisa mengabadikan kejadian ini ‘lensa kamera’ mata,terus berlanjut dengan antusia tinggi melihat Lyrids.Objek yyang dtunggu tunggu pun akhir nya menunjukan diri,slah satu anggota anggota melihat satu pergerakan meteor Lyrids,terus dan terus meteor Lyrids menampakan kegiatannya samapi terlihat 6 kejadian diikuti anggota SAC yg melihat kejadian itu. Tanpa turun nya semangat parak komplotan SAC terus berburu Lyrids

dengan semangatnya.Dengan ber’senjata’kan 3 teleskop dan 3 binocular dan kamera anggota SAC teralihkan pandangn menuju kegiatan sambaran kilat di langit(Lyrids tak dapat kilat pun jadi).

Setalah merasa puas namun galau , awak SAC pun berkumpul membentuk formasi,diskusi tentang kegiatan hari itu dan rencana-rencana ke depannya,dan komplotan SAC dipaksa meninggalkan dingin nya anjungan oleh tetesan air langit,dan awak komplotan SAC pun saling berikan salam dan kembali menurut asal muasal masing masing.

laporan oleh : Koordinator Event cak Tyanto Hardaning(Dani)

Muchammad Thoyib As

Koordinator Anggota Surabaya Astronomi Club

Leave a Reply