Report of Perseids MS & Jupiter Ocultation

Dirgahayu Republik Indonesia !

Minggu ke -2 dibulan agustus ini penduduk Indonesia bisa menyaksikan fenomena antariksa yang hanya terjadi setahun sekali. Fenomena itu adalah Perseids Meteor Shower. Perseid adalah potongan-potongan komet periodik Swift-Tuttle. Fenomena ini ditemukan pertama kali pada 1862 dan terakhir kali terlihat pada 1992. Hujan meteor ini rutin terjadi setiap tahun di sekitar tanggal yang sama. (Zeenews/Wrt3). Fenomena Perseids Meteor Shower ini mulai terjadisejak 17 juli 2012 sampai 24 agustus 2012 dan akan mencapai puncak pada minggu dini hari 12 Agustus 2012. Perseids Meteor Shower akan muncul dari arah timur laut, dekat rasi bintang Perseus. Meski muncul dari arah timur laut, selepas tengah malam perseus akan naik lebih tinggi sehingga meteor dapat dilihat dari segala arah. Meteor yang melintas diprediksikan intensitasnya mencapai 90 meteor per jam dengan kecepatan rata-rata 59 km/detik. Rasi perseus muncul pada pukul 01.00WIB yang juga bersamaan dengan terbitnya bulan, sehingga cahaya bulan akan mengganggu observasi perseids meteor shower pada meteor-meteor yang memiliki magnitudo rendah.

Kebun pertanian milik warga di salah satu sudut kota Malang dipilih oleh lascar singa langit Malang Astronomy Club (MAC) untuk melakukan observasi ke-2 setelah diresmikannya komunitas astronom Malang tersebut. Observasi kali ini terasa lebih lengkap disamping karena jumlah anggota yang hadir lebih banyak dari observasi SDA Meteor Shower juga dibawanya sebuah teleskop Newtonian milik Aldy Ananda.

Sekitar pukul 01.00 WIB, lascar singa langit segera memulai observasi. Awal observasi kali ini difokuskan pada okultasi Jupiter. Pada dasarnya Okultasi adalah peristiwa tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lainnya yang berukuran lebih besar. Akibatnya, benda langit yang tertutupi menjadi tidak terlihat sama sekali karena tersembunyi di belakang benda lainnya. Secara sepintas, definisi okultasi ini mirip dengan definisi gerhana. Namun, ada perbedaan yang mudah dipahami di antara keduanya, yaitu gerhana hanya terjadi pada Bulan dan Matahari, sedangkan okultasi terjadi secara umum pada semua benda langit. Pada pagi 12 Agustus 2012, planet jupiter selama 70 menit akan menghilang dari atap langit akibat tertutup nya planet jupiter oleh piringan permukaan bulan dan akan muncul kembali pada pukul 02.15 WIB. Peristiwa okultasi jupiter oleh bulan dapat disaksikan diseluruh kepulauan indonesia dan akan terulang kembali sekitar tahun 2016. Observasi okultasi Jupiter ini disambut dengan terbitnya bulan sabit yang berwarna merah jingga yang diperkirakan bias terjadi akibat adanya efek pemantulan atau pembiasan cahaya.penampakan bulan dengan warnanya yang langka ini pun menarik perhatian para lascar singa langit untuk mengabadikannya.

Setelah cukup lama bermain-main dengan okultasi Jupiter, akhirnya lascar singa langit pun memutuskan untuk hunting Perseids meteor shower. Perburuan Perseids Meteor Shower ini dilakukan dengan posisi nyaman masing-masing serta mata telanjang agar tidak membatasi pandangan. Sekitar pada10 menit awal lascar singa langit pun sudah mendapat tidak kurang dari 5 buah meteor. Selang beberapa menit setelah mendapat cukup meteor, lascar singa langit mendapat suguhan awan cukup tebal yang sangat mengganggu observasi.Dengan datangnya awan yang menyelimuti langit malang ini menyebabkan ketidakfokusan observasi MAC, sesekali kami mengamati okultasi Jupiter jika tidak tertutup awan, dan sesekali melanjutkan berburu meteor ketika cahaya bintang sudah terlihat lagi.Akhirnya observasi ini menjadi sangat lengkap dan memecah kesunyian ditengah suara jangkrik & katak ketika didapatkan fire ball membelah langit malang yang berselimutkan awan tipis ini.

Observasi lascar singa langit kali ini berakhir sekitar pukul 03.20 dan dilanjutkan perjalanan ke rumah mas alghi fari untuk makan sahur sambil melakukan evaluasi observasi yang telah dilakukan serta sharing untuk perkembangan MAC kedepannya.

Terimakasih mas Alghi Fari yang telah menjadi tuan rumah yang sangat baik,

Terimakasih mas Aldy Ananda yang telah meminjamkan Teleskop Newtonian-nya untuk MAC,

Terimaksih juga buat mas & mbak (zuhrie, kamli, winda, layly, dan mira) atas partisipasinya,ga ada loe ga rame !

 

see you on next event guys ^^

Salam Laskar Singa Langit

Leave a Reply