Poster Gerhana Matahari Total 2016

Sudah tau di mana dan kapan terjadinya Gerhana Matahari Total 2016? Ayo ketahui Gerhana Matahari di daerahmu! Jangan lupa pelajari cara mengamati Gerhana Matahari dengan baik dan benar ya. Yuk simak info berikut.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia akan melewati wilayah Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Palu, Ternate, Bangka, Palangkaraya, Poso, dan Halmahera. Sedangkan wilayah lain di Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian. Waktu dan lama gerhana masing-masing daerah berbeda seperti pada gambar berikut. Untuk mengetahui simulasi gerhana di daerah masing-masing, bisa dilihat melalui aplikasi stellarium.

Hal yang sama pentingnya untuk diketahui adalah cara mengamati gerhana dengan aman. Melihat gerhana tanpa bantuan alat apapun akan SANGAT BERBAHAYA karena intensitas radiasi cahaya Matahari sangat tinggi dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan permanen. Cara yang aman dan benar untuk mengamati Gerhana adalah dengan filter matahari atau menggunakan teknik proyeksi. Jangan pernah menggunakan roll film, hasil rontgen, ataupun kacamata hitam karena masih tergolong berbahaya.

Gerhana Matahari menyebabkan wilayah yang terkena akan menjadi gelap sesaat. Bahkan di lokasi Total, pada saat puncak gerhana kita dapat melihat bintang-bintang di siang hari! Kemudian hewan peliharaan seperti ayam akan berkokok kebingungan lalu memasuki kandang.
Sekian sekilas info Gerhana Matahari Total 2016. Bagaimana, sudah siapkah untuk menjadi saksi mata Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016??

Klik gambar untuk resolusi tinggi
GMT-hal01
GMT-hal02

Leave a Reply