Plugin Hujan Meteor Pada Stellarium

Stellarium sebagai aplikasi simulasi langit merupakan contoh dari banyak software simulasi langit yang dapat kita download secara free. Fitur-fitur yang diberikan pada aplikasi stellarium tak jarang hampir sama dengan fitur-fitur dalam aplikasi simulasi langit berbayar salah satunya fitur Hujan Meteor atau Meteor Shower.


Pada artikel ini saya akan berbagi tips dengan anda tentang bagaimana cara mengaktifkan plugin hujan meteor pada stellarium. Namun sebelum itu, pada tutorial ini saya menggunakan versi stellarium 0.13.3 dimana versi stellarium 0.13.1 telah mendukung plugin hujan meteor. Bagi anda yang menggunakan stellarium dibawah versi 0.13.0 plugin stellarium tidak tersedia pada pilihan jendela plugin stellarium.

  • Jalankan aplikasi stellarium hingga stellarium siap untuk digunakan
  • Tekan tombol F2 atau klik icon jendela konfigurasi. Pilih tab “Plugin” kemudian klik plugin “Meteor Shower” dan beri centang pada “Load at startup”
    stellarium-000
  • Simpan pengaturan dengan memilik tab “Main” dan klik “Save Setting”
    stellarium-001
  • Restart Stellarium atau tekan CTRL Q kemudian jalankan kembali stellarium anda. Jika anda berhasil, akan tampak icon Meteor shower pada toolbar bagian bawah.stellarium-002

Tutorial diatas dapat juga anda simak pada video tutorial berikut ini



Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply