Peristiwa Planet di bulan Januari 2019

Pengamatan Langit

Di Bulan Januari 2019 planet-planet di tata surya kita akan tampak berdampingan di langit sore, malam maupun di pagi dini hari. Sebagian dari kita mungkin sudah banyak yang mengenal planet-planet tersebut bahkan mudah sekali untuk mengidentifikasi posisinya di langit. Planet-planet seperti Merkurius, Venus, Mars dan Jupiter akan tampak seperti bintang terang tak berkelip. Selama bulan Januari 2019 beberapa planet akan bersanding dengan Bulan di hari-hari tertentu. Berikut adalah daftar peristiwa planet di bulan Januari 2019.

Dance of the Planet
Pada tanggal 1 Januari 2019 Bulan, planet Venus, planet Jupiter dan Planet Merkurius akan tampak berdekatan (konjungsi) dan membentuk formasi garis memanjang. Planet Venus yang berwarna warnavenus akan berada di sebelah timur Bulan. Planet Jupeter akan terletak di timur Bulan dan Venus sedang planet merkurius akan terletak di ujung formasi Bulan, Venus dan Jupiter. Fenomena ini dapat disaksikan mulai pukul 01.35 waktu lokal hingga matahari terbit.

Dance of the Planet

Konjungsi Bulan – Venus
Pada tanggal 2 Januari 2019 Bulan berada pada fase sabit akhir. Bulan sabit akhir akan tampak berdekatan (konjungsi) dengan Planet Venus. Planet Venus tampak berwarna warnavenus dan berada di sebelah selatan Bulan yang terbit pada pukul 02.19 waktu lokal. Peristiwa ini dapat diamati dengan menggunakan mata telanjang dan berlangsung mulai pukul 02.19 waktu lokal hingga matahari terbit.
Konjungsi Bulan – Venus

Segitiga Bulan – Jupiter – Antares
Pada tanggal 3 Januari 2019 Bulan, planet Jupiter dan bintang Antares akan tampak berdekatan (konjungsi) dan membentuk formasi segitiga. Planet Jupiter yg berwarna warnajupiter akan berada di sebelah timur Bulan sedang bintang Antares yang tampak berwarna merah akan terletak di selatan Bulan. Fenomena ini dapat disaksikan mulai pukul 03.05 waktu lokal hingga matahari terbit.
Segitiga Bulan – Jupiter – Antares

Konjungsi Bulan – Merkurius
Pada tanggal 5 Januari 2019 Bulan berada pada fase sabit akhir. Bulan sabit akhir akan tampak berdekatan (konjungsi) dengan Planet merkurius. Planet merkurius tampak berwarna warnamerkurius dan berada di sebelah barat daya Bulan yang terbit pada pukul 04.40 waktu lokal. Peristiwa ini dapat diamati dengan menggunakan mata telanjang dan berlangsung mulai pukul 04.40 waktu lokal hingga matahari terbit.
Konjungsi Bulan – Merkurius

Konjungsi Bulan – Mars
Pada tanggal 12 Januari 2019 Bulan berada pada fase sabit awal. Bulan sabit awal akan tampak berdekatan (konjungsi) dengan Planet Mars. Planet Mars tampak berwarna warnamars dan berada di sebelah barat Bulan yang terbit pada pukul 10.23 waktu lokal. Peristiwa ini dapat diamati dengan menggunakan mata telanjang dan berlangsung mulai selepas matahari terbenam hingga pukul 22.28 waktu lokal.
Konjungsi Bulan – Mars

Konjungsi Venus – Jupiter
Pada tanggal 23 Januari 2019 Planet Venus akan tampak berdekatan (konjungsi) dengan Planet Jupiter. Planet Venus tampak berwarna warnavenus dan Planet jupiter akan tampak berwarna warnajupiter. Planet Jupiter berada di sebelah selatan Planet Venus. Fenomena ini dapat diamati dengan menggunakan mata telanjang dan dapat disaksikan mulai pukul 02.19 waktu lokal hingga matahari terbit.
Konjungsi Venus – Jupiter

Segitiga Bulan – Venus – Jupiter
Pada tanggal 31 Januari 2019 Bulan, planet Jupiter dan planet Venus akan tampak berdekatan (konjungsi) dan membentuk formasi segitiga. Planet Venus yg berwarna warnavenus akan berada di sebelah timur Bulan sedang planet Jupiter akan terletak di selatan Bulan. Fenomena ini dapat disaksikan mulai pukul 02.00 waktu lokal hingga matahari terbit.
Segitiga Bulan – Venus – Jupiter

Leave a Reply