Peristiwa Astronomi Bulan Maret 2016

Planet

Planet Merkurius
MerkuriusHingga pertengahan bulan Maret 2016, Planet Merkurius akan tampak rendah di belahan langit timur sebelum matahari terbit. Planet Merkurius akan tampak seperti bintang terang namun tidak berkelip. Mulai dari pertengahan hingga akhir bulan Maret 2016, planet merkurius tidak dapat di amati baik saat sebelum matahari terbit maupun setelah matahari terbit.

Planet Venus
VenusPlanet Venus atau masyarakat jawa menyebutnya sebagai Lintang Panjer Rino merupakan planet paling terang di langit malam. Selama bulan Maret 2016, Planet Venus akan tampak seperti bintang yang sangat terang di ufuk timur berwarna kuning sebelum Matahari terbit.

Planet Mars
MarsPlanet Mars atau planet yang memiliki nama lain yakni “Ares” alias Dewa Perang bangsa Yunani, di bulan Maret 2016 akan terbit sekitar pukul 22.00 WIB di belahan langit timur. Planet Mars tampak seperti bintang berwarna merah tidak berkelip.

Planet Jupiter
YupiterDi bulan Maret 2016, planet Jupiter akan terbit setelah matahari terbenam di ufuk barat. Planet Jupiter akan tampak seperti bintang terang tidak berkelip dan berwarna kuning jingga. Jika anda memiliki teleskop, anda dapat melihat empat satelit alam yang dimiliki oleh planet Jupiter.

Planet Saturnus
SaturnusPlanet Saturnus atau planet yang dikenal dengan cincinnya, akan tampak di belahan langit timur sekitar pukul 23.00 hingga 22.00 WIB. Planet saturnus tampak seperti bintang terang tidak berkelip dan jika anda memiliki teleskop maka anda dapat melihat cincin saturnus yang indah itu.

Formasi Planet

Konjungsi Bulan Mars

Konjungsi Bulan dan Planet Mars akan terjadi pada tanggal 29 Maret 2016 pukul 21.18 WIB. Saat konjungsi terjadi, disebelah selatan Bulan akan terdapat bintang berwarna orange tak berkelip yang tak lain adalah planet Mars. Di bawah keduanya terdapat juga planet Saturnus.

Fase Bulan

Bulan Kuarter Akhir
Fase Bulan kuarter akhir pada bulan Maret akan terjadi selama dua kali yakni pada tanggal 2 Maret 2016 dan pada 31 Maret 2016. Pada saat Bulan mencapai fase kuarter akhir, Bulan akan terbit di belahan langit timur pada pukul 23.20 WIB untuk tanggal 2 Maret 2016 dan pukul 22.51 WIB.

Bulan Baru
Fase Bulan baru pada bulan Maret akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Saat Bulan baru terjadi seluruh langit malam akan gelap total dan inilah waktu yang paling baik untuk mengamati benda-benda langit karena tidak adanya polusi cahaya oleh cahaya Bulan.

Bulan Kuarter Awal
Fase Bulan kuarter Awal di bulan Maret akan terjadi pada tanggal 16 Maret 2016. Pada tanggal tersebut Bulan akan terbit semenjak Matahari terbenam dan Bulan terbenam pada pukul 00.28 WIB

Bulan Purnama
Fase Bulan Purnama pada bulan Maret akan terjadi pada tanggal 23 Maret 2016.

Galaksi

Galaksi Bimasakti
Pada bulan Maret 2016, Galaksi Bimasakti di awal bulan Maret akan terbit pada pukul 23.00 WIB di belahan langit timur sedang di akhir bulan Maret 2016 galaksi Bimasakti akan terbit pada pukul 22.00 WIB. Galaksi Bimasakti akan tampak seperti kabut tipis berwarna putih menjulang dari selatan ke utara.

Rasi Bintang

Rasi Bintang Gubug Penceng atau Crux
Rasi Bintang Gubug Penceng atau rasi bintang crux selama bulan Maret akan terbit sejak Matahari terbenam di langit barat. Jika kita mengamati rasi bintang crux dalam satu malam maka akan kita temukan bahwa rasi bintang crux selalu menunjuk arah selatan mata angin. Karenanya masyarakat jaman dahulu khususnya para nelayan menggunakan rasi bintang Crux sebagai rasi bintang untuk mencari arah selatan.

Rasi Bintang Scorpius
Rasi Bintang Scorpius di awal bulan Maret akan terbit pada pukul 22.39 WIB dan pada akhir bulan Maret rasi bintang Scorpius akan terbit pada pukul 21.40 WIB. Bersamaan dengan terbitnya rasi bintang Scorpius, pada saat itu planet Saturnus dan planet Mars akan tampak berada di depan dan di samping rasi bintang Scorpius. Rasi bintang scorpius akan selalu tampak di langit malam bulan Maret dan ia akan terbenam saat Matahari terbit.

Asterisme

Segitiga Musim Panas (Asterisme)
Selama bulan Maret, segitiga musim panas atau Summer triangle yang dibentuk dari formasi bintang Altair – Deneb – Vega akan tampak di awal bulan Maret mulai pukul 04.00 WIB dan di akhir bulan Maret mulai pukul 03.00 WIB. Segitiga Musim Panas merupakan asterism(rasi bintang yang tidak terdaftar dalam 88 rasi bintang) yang dibuat oleh orang-orang di belahan Bumi utara seperti benua Eropa dan Amerika untuk menandai datangnya musim Panas. Orang-orang di belahan Bumi utara meyakini jika Segitiga musim panas atau Summer triangle telah tampak di langit malam maka musim panas sebentar lagi akan dimulai.

Equinox
Peristiwa Equinox atau peristiwa dimana posisi Matahari di langit tepat berada pada perpotongan antara garis katulistiwa dengan garis edar Matahari(garis ekliptika) akan jatuh pada tanggal 20 Maret 2015 pukul 11.30 WIB.

Gerhana Matahari Total
9 Maret 2016 akan menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebuah fenomena alam langka Gerhana Matahari Total akan melintasi kepulauan Indonesia dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga maluku utara. Fenomena alam Gerhana Matahari total 9 Maret 2016 akan terjadi pada pagi hari tepatnya pukul 06.20 WIB. Informasi selengkapnya dapat anda simak pada artikel Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Poster Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Poster Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 oleh Panitia GMT Nasional

Gerhana Bulan Penumbra
Gerhana Bulan penumbra merupakan fenomena alam dimana Bulan berada di wilayah bayangan kabur Bumi. Sebagai akibatnya Bulan akan sedikit lebih redup dari pada purnama di bulan-bulan biasanya. Gerhana Bulan Penumbra hanya dapat diamati dengan menggunakan teleskop dan jika kita lihat menggunakan mata telanjang seolah Bulan tidak mengalami gerhana. Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada tanggal 23 Maret 2016 pukul 18.45 WIB.

Gerhana Bulan Penumbra diabadikan oleh Fred Espenak pada tahun 2002.
Gerhana Bulan Penumbra diabadikan oleh Fred Espenak pada tahun 2002. Kredit : F Espenak 2002

Leave a Reply