Peresmian Basecamp Penjelajah Langit ke 2

Sabtu 4 Maret 2017 lalu, Penjelajah Langit meresmikan pendirian basecamp 2 yang berlokasi di Wirosaban, Kota Yogyakarta, dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol peresmiannya. Setelah kurang lebih satu bulan lamanya mendesain dan merenovasi, akhirnya Penjelajah Langit memiliki basecamp ke 2. Basecamp 2 ini didirikan untuk digunakan sebagai tempat diskusi yang dilengkapi dengan perpustakaan mini berisi berbagai buku, majalah, dan ensiklopedia tentang astronomi. Selain buku juga terdapat peralatan yang menunjang untuk belajar seperti teleskop, peta bintang, kacamata matahari, poster, dan lain-lain. Nuansa basecamp pun dibuat sedemikian rupa menyerupai ruang angkasa. Sehingga ketika anggota Penjelajah Langit masuk basecamp, seolah-olah sedang berada di Bulan dan dapat melihat seluruh Planet di Tata Surya.

Progres pengecatan dinding dan pemasangan interior Basecamp 2 Penjelajah Langit. Sumber : Penjelajah Langit 2017

Basecamp ke dua sengaja dipilih lokasi di Kota Yogyakarta agar mudah dijangkau karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota. Nah dengan berdirinya basecamp 2 yang lebih dekat dengan pusat kota, maka setiap bulannya Penjelajah Langit akan rutin mengadakan agenda umum. Agenda umum yakni kelas astronomi tematik yang diisi oleh seorang pemateri dari anggota Penjelajah Langit sendiri dan berlokasi di basecamp 2. Kelas astronomi dibuka untuk umum dan boleh diikuti siapa saja lho.

Basecamp yang berfungsi sebagai tempat diskusi para anggota Penjelajah Langit dan masyarakat umum. Kredit : Penjelajah Langit.

Sebelumnya Penjelajah Langit telah memiliki Basecamp 1 yang berlokasi di Jalan Imogiri Barat. Setelah pendirian basecamp 2, lokasi basecamp pertama tersebut kini tetap difungsikan sebagai tempat pengamatan langit karena lokasinya yang masih gelap dan jauh dari pusat keramaian. Dari basecamp pertama, kita dapat melihat bentangan Galaksi Bimasakti, meteor, serta beberapa gugus bintang dengan mata telanjang. Beberapa agenda khusus juga dilaksanakan di basecamp 1. Jika agenda umum berupa materi dan diskusi, maka agenda khusus ini lebih banyak berupa pengamatan langit di lapangan.

Seluruh agenda baik itu agenda khusus maupun agenda umum akan diberitahukan melalui media sosial Penjelajah Langit (Facebook, Instagram, Twitter). Diharapkan dengan berdirinya basecamp yang baru dapat menjadi pusat belajar astronomi bagi anggota Penjelajah Langit pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

Penyerahan nasi tumpeng dari ketua Penjelajah Langit(kiri) kepada pendiri komunitas astronomi Penjelajah Langit(kanan) sebagai simbol peresmian basecamp Penjelajah Langit yang kedua. Kredit : Penjelajah Langit.
Foto bersama selepas peresmian Basecamp Penjelajah Langit yang kedua. Kredit : Penjelajah Langit
Nasi tumpeng yang sengaja dibuat oleh para anggota Penjelajah Langit. Kredit : Penjelajah langit

Leave a Reply