Penjelajah Langit di Bulan Agustus 2015



Bulan Agustus 2015 ini tergolong bulan yang padat kegiatan bagi teman-teman dari komunitas Penjelajah Langit. Beberapa agenda berhasil dilaksanakan dengan baik, diantaranya adalah pengamatan langit, pemotretan, dan syawalan. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan program kerja dari komunitas Penjelajah Langit.

Syawalan Penjelajah Langit
Syawalan PL diadakan pada tanggal 18 Agustus 2015. Syawalan PL bertujuan untuk bersilaturahim dengan para anggota khususnya anggota internal PL. Syawalan diadakan di Lesehan Aldan Jalan Timoho, Yogyakarta. sebanyak sembilan anggota PL ikut serta dalam acara syawalan tersebut. Pada acara syawalan juga dibahas mengenai agenda-agenda Penjelajah Langit ke depan.

Pengamatan Hujan Meteor Perseid
Pengamatan Hujan Meteor Perseid diadakan pada tanggal 12-13 Agustus 2015. Seperti pada pengamatan hujan meteor sebelumnya, hujan meteor perseid kali ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Pengumuman mengenai hujan meteor disebarkan melalui sosial media seperti whats app, BBM, Instagram, grup facebook Penjelajah Langit, fanpage KafeAstronomi.com, dan website KafeAstronomi.com. Pengamatan Hujan Meteor Perseid bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat dengan meteor atau bintang jatuh yang selama ini sering diperbincangkan.

Pengamatan dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul. Peserta berkumpul di Pasar Seni Gabusan pada pukul 20.00 dan kemudian bertolak ke lokasi pada pukul 21.00. Pengamatan kali ini diikuti sebanyak 150 peserta rentang usia lima tahun hingga empat puluh tahun. Sehingga lokasi dipadati oleh para peserta yang ingin melihat keindahan hujan meteor. Panitia sengaja membentuk gugus-gugus untuk mempermudah menjelaskan materi yang telah disiapkan. Terdapat empat gugus dengan masing-masing gugus mengampu 20-25 peserta. Materi yang dijelaskan adalah seputar mitologi astronomi dalam budaya Jawa yang juga merupakan tema yang sedang gencar diteliti dan dipelajari oleh anggota PL. Pertanyaan dari para peserta pun sangat beragam dan menciptakan diskusi yang hangat di malam itu.

Setelah sesi kelompok, pukul 24.00 peserta diminta untuk melihat arah rasi Perseus karena momen hujan meteor yang ditunggu-tunggu akan segera tiba. Dan…. “Wooooow!” Suara riuh ratusan peserta serta tepuk tangan meriah menyelimuti malam itu kala sebuah fireball tiba-tiba melintas di langit. Tiap peserta sibuk menghitung berapa banyak meteor yang mereka dapat. Hingga tak terasa pukul 04.00 WIB. Peserta diarahkan untuk beribadah di masjid dan setelah itu pulang ke rumah masing-masing.

Kelas astrofotografi
Bulan Agustus, pada tanggal 23 Agustus 2015 Penjelajah Langit juga mengadakan kelas astrofotografi yang terbuka untuk umum. Kelas astrofotografi ini diadakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam bidang astrofotografi. Kelas astrofotografi ini dikhususkan untuk para peminat astrofotografi. Astrofotografi sendiri adalah teknik fotografi yang digunakan dalam menangkap objek-objek langit seperti bulan, planet, bintang, galaksi, dan lain-lain. Astrofotografi berbeda dengan teknik fotografi lain, karena memiliki teknik pemotretan dan pengolahan khusus.

IMG_7174

Kelas astrofotografi dilaksanakan di Benteng Vredeburg dan diikuti sebanyak delapan peserta. Dalam kelas astrofotografi, dijelaskan mengenai teknik-teknik dasar fotografi, teknik-teknik dasar astrofotografi, dan praktek foto objek.

IMG_7097

Science Camp
Selain agenda internal dari Penjelajah Langit, terdapat agenda eksternal PL pada bulan Agustus ini yaitu Science Camp. Science Camp merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh PPIPTEK dan bekerjasama dengan Taman Pintar Yogyakarta. Science Camp diadakan di Pantai Baru, Bantul. Peserta Science Camp adalah perwakilan para siswa sekolah dari seluruh provinsi di Indonesia. Penjelajah Langit diminta untuk menjadi bagian dari pemandu pengamatan. Penjelajah Langit mengirimkan enam orang anggotanya untuk bertugas membantu peserta dalam acara pengamatan langit. Pada saat sesi pengamatan, Penjelajah Langit juga menerangkan banyak hal mengenai benda langit seperti bintang, planet, bulan, dan meteor. Objek yang diamati pada saat itu adalah bulan dan saturnus. Peserta terlihat sangat antusias dengan penjelasan materi dan pengamatan.

IMG_7637

Pengamatan Bulan Purnama (Full Moon)
Agenda terakhir di Bulan Agustus adalah pengamatan bulan purnama atau fullmoon. Pengamatan ini dilakukan pada tanggal 30 Agustus di Bundaran UGM. Pengamatan dilaksanakan pada pukul 18.30-20.00 WIB. Pengamatan ini dikhususkan bagi teman-teman yang sudah tergabung dalam grup facebook Penjelajah Langit. Tujuan dari pengamatan ini adalah memperdalam pengetahuan anggota PL tentang objek bulan. Selain pengamatan, kami juga berbagi ilmu dan pengalaman satu sama lain. Kami menggunakan tiga perangkat alat yaitu teleskop, binokuler, dan sebuah kamera DSLR. Sebanyak sebelas anggota ikut serta dalam kegiatan ini.

IMG_7977 insta

IMG_8033 insta

Anda tertarik bergabung dengan aktifitas komunitas astronomi “Penjelajah Langit”? Bergabunglah di forum umum kami pada tautan grup.kafeastronomi.com. Basecamp dan observartorium Penjelajah Langit berada di kota Yogyakarta.

Leave a Reply