Okultasi Jupiter oleh bulan

15 Juli 2012 Pagi hari di negara perancis,italia dan beberapa kawasan di eropa para astronom dan para pecinta langit malam untuk yang kesekian kali nya menikmati fenomena gerhana planet jupiter oleh bulan. Lain hal nya di indonesia yang saat itu kita sedang asik-asik nya menyaksikan konjungsi rangkap tiga bulan, Jupiter dan venus. Peristiwa gerhana planet jupiter oleh bulan hanya dapat disaksikan di beberapa negara eropa saja seperti perancis, italia dan tidak di indonesia. Para astronom menamai peristiwa ini sebagai okultasi dimana sebuah benda langit terlihat melintas kemudian menutupi benda langit lainnya. Jika gerhana matahari, matahari ditutupi oleh piringan bulan maka kali ini bulatan planet jupiter tertutup oleh piringan bulan.

Apa beda nya okultasi, transit dan gerhana?
Okultasi sejatinya merupakan istilah yang diberikan dimana seorang observer atau pengamat menyaksikan sebuah benda langit “yang tampak lebih besar” melintas didepan benda langit “yang tampak lebih kecil” yang menyebabkan seluruh permukaan/piringan benda langit “yang tampak lebih kecil” tertutup sempurna. Lain hal nya dengan transit dan gerhana. Transit adalah istilah yang diberikan saat benda langit yang tampak lebih kecil melintas melewati permukaan benda langit “yang tampak lebih besar”. Sedang gerhana adalah istilah yang diberikan saat benda langit menutupi benda langit lainya dimana antara kedua benda langit tersebut tampak “seolah” memiliki lebar piringan yang sama.

Pada peristiwa okultasi, benda langit yang tertutup tidak hanya planet saja melainkan sebuah bintang, asteroid dan satelit alam lainnya(hanya berlaku di planet2x yang memiliki bulan lebih dari 2). Begitu juga benda langit yang menutupi tidak selalu harus bulan melainkan planet menutupi sebuah bintang, asteroid menutupi sebuah bintang dan bulan menutupi sebuah bulan(planet yang memiliki lebih dari 1 satelit). Peristiwa okultasi planet bintang juga pernah terjadi pada 7 juli 1959 dimana saat itu planet venus berokultasi dengan bintang Regulus yang cukup terang dilangit malam.

Di Perancis dan italia khusus nya, beberapa astronom amatir berhasil mendokumentasikan fenomena alam yang sangat spesial ini. Alhasil sebuah pemandangan langit dipagi hari 15 Juli 2012 waktu perancis menjadi saksi akan peristiwa okultasi bulan jupiter. Berikut karya astrofotografi oleh Jean-Baptiste Feldmann dan Gianluca Masi saat okultasi bulan jupiter sedang terjadi.



Saat-saat okultasi jupiter oleh bulan. Credit : Jean http://bit.ly/LsfoQy
Tampak jupiter setelah okultasi. Credit : Gianluca http://bit.ly/MrpSNH

 

Tampak Bulan dan ke empat Satelit Planet jupiter. Credit : Jean http://bit.ly/LsfoQy

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply