Observasi Bintang peserta olimpiade kebumian IESO 2012

10 November 2011, beberapa anggota JAC dilibatkan dalam pelatihan nasional observasi bintang di Pantai Parangkusumo. Dengan 3 anggota nya, Tim JAC membantu(asisten) jalannya pengamatan bintang yang bertempat dipantai parangkusumo yang berjarak sekitar 30 KM dari markas Jogja Astro Club.



Peserta Olimpiade kebumian IESO 2011 didampingi oleh pembimbing astronomi dari ITB (mas Romrom, benerkan namanya? :D) dan Pak Mutoha beserta asistennya berangkat dari Hotel UIN pukul 20.00. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit hingga 1 jam. Alhasil sampai di Pantai ternyata kondisi langit tidak begitu baik namun semangat para pecinta bintang tidak surut. Meski mendung menutupi, observasi tetap berlangsung mulai dari melihat halo bulan, mengukur sudut bintang, melihat planet jupiter dan tidak ketinggalan astro edukasi + tanya jawab. Berikut aktifitas peserta olimpiade kebumian IESO 2011 yang terabadikan dalam bingkai gambar.

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply