Nova Lupus 2016

Mungkin beberapa orang sering mendengar dan sudah tidak asing dengan istilah nova. Nova dalam bidang astronomi merupakan istilah untuk menyebut suatu peristiwa akhir hidup dari sebuah bintang. Nova juga dikenal dengan sebutan ledakan bintang atau munculnya “bintang baru” dimana pada wilayah langit tertentu secara tiba-tiba muncul bintang baru yang semula pada wilayah tersebut tidak tampak bintang hingga kemudian menjadi tampak lebih terang dari biasanya.

Bintang terang yang diidentifikasi sebagai Nova Lupus 2016 berhasil di potret pada 25 september 2016 waktu Australia. Credit: Joseph Brimacombe
Bintang terang yang diidentifikasi sebagai Nova Lupus 2016 berhasil di potret pada 25 september 2016 waktu Australia. Credit: Joseph Brimacombe

Pada tanggal 20 September 2016 salah satu bintang di wilayah rasi bintang Lupus mendadak menghilang. Empat hari kemudian terlihat sebuah bintang baru yang muncul secara tiba-tiba cukup terang dan dapat teramati menggunakan binokuler. Bintang yang terlihat “lagi” ini diindikasi sebagai sebuah Nova. Karena terlihat di wilayah rasi bintang Lupus maka Nova ini dikenal dengan nama Nova Lupus 2016. Nama resmi yang diberikan untuk Nova di rasi Lupus pada tahun 2016 ini adalah ASASSN-16kt. ASASSN-16kt untuk pertama kalinya ditemukan oleh All Sky Automated Survey for SuperNovae (ASAS-SN or “Assassin”) berdasarkan data yang diperoleh dari pengamatan menggunakan teleskop “Cassius” di CTIO, Chile. Krzysztof Stanek dan timnya melaporkan ASASSN-16kt menggunakan Astronomical Telegram (ATel) #9538 24 September waktu setempat.

Nova Lupus 2016 pertama kali teramati dengan magnitudo +9,1 dan sekarang dilaporkan bahwa magnitudonya semakin mengecil (semakin terang) mencapai +6,83. Bintang ini terletak di rasi Lupus dan berada tidak jauh dari ε-Lupus. ASASSN-16kt menjadi lebih terang dari terangnya semula yaitu dengan magnitudo sekitar +17,5 atau mengalami penurunan magnitudo sekitar 11 sehingga terangnya meningkat sekitar 24.000 ribu kali dari terangnya semula. Untuk mengamati ASASSN-16kt maka kita perlu tahu letak atau ordinatnya. Adapun ordinat ASASSN-16 kt jika menggunakan koordinat equatorial yaitu RA 15h 29o 01.824’, DEC -44o 49’ 39.51”.

Jika ingin mengamati ASASSN-16kt ini hendaknya kita pergi ke tempat yang memiliki horizon Barat yang bersih. Karena rasi Lupus setelah Matahari ternggelam berada di arah Barat Daya dengan ketinggian sekitar 40o. Rasi Lupus akan tenggelam sekitar pukul 19.35 WIB. Oleh karena itu waktu yang tepat untuk mengamati ASASSN-16kt adalah beberapa waktu setelah Matahari tenggelam karena posisinya yang masih cukup tinggi sehingga mudah diamati dan mengantisipasi jika horizon tempat pengamatan yang tidak “bersih”.

Sumber :
https://www.aavso.org/content/asassn-16kt-probable-nova-91-mag-lupus

Leave a Reply