Neil Armstrong tutup usia pada umur 82 tahun

Neil Armstrong, seorang astronot yang pertama kali menjejakkan kakinya di Bulan, sabtu 25 Agustus 2012 waktu Amerika Serikat telah tutup usia akibat komplikasi jantung. Armstrong dilahirkan 82 tahun yang lalu, 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio. Diakhir hayat nya, Armstrong meninggalkan seorang istri, dua orang anak, seorang anak tiri, 10 cucu, kakak dan adik.

Ditahun 1955 Armstrong bergabung dengan NACA (National Advisory Comitte for Aeronautics) dimana ia bekerja sebagai seorang insinyur, pilot, penguji, astronot dan administrator untuk NACA dan bidang penggantinya, yaitu NASA (National Aeronautics and Space Administration). Dari situlah Amstrong meniti karirnya sebelum ia menjadi manusia pertama yang menjejakkan kaki nya di bulan.

Salah satu foto Neil Armstrong saat di bulan. Credit : NASA

Disepanjang sejarah, Armstrong menjadi pahlawan tidak hanya pada masanya, melainkan sepanjang masa. Perkataan Armstrong yang sangat terkenal adalah “That is one small step for (a) man, one giant leap for mankind”, pendaratannya di bulan memang merupakan satu langkah kecil bagi seorang manusia sepertinya, namun merupakan satu lompatan raksasa bagi seluruh umat manusia.

Bolehlah kita bersedih karena kehilangan orang yang berjasa besar seperti Neil Armstrong, namun yang paling penting dari itu semua adalah bagaimana kita dapat menjadikannya sebagai inspirasi, melakukan suatu langkah kecil untuk diri kita dan satu langkah besar untuk kemajuan umat manusia. Seluruh pemuda di dunia hendaknya mencontohnya untuk selalu bekerja keras, membuat impian setinggi-tingginya kemudian menjadikannya kenyataan, harus bersedia mengeksplorasi alam dan mendorong batas-batas pemikiran manusia untuk kemajuan umat manusia di dunia.

Referensi : NASA.gov



Armstrong didalam lunar modul eagle diatas permukaan bulan. 20 Juli 1969. Selamat Jalan Neil Armstrong. Credit: NASA

Leave a Reply