Venus

Venus merupakan planet kedua di dalam sistem tata surya setelah merkurius. Bentuk dan ukurannnya yang menyerupai bumi sering dijuluki sebagai “Sister Planet”. Nama venus diambil dari nama dewa cinta pada bangsa romawi. Jarak nya yang cukup dekat membuat Sister Planet tampak kelihatan bersinar di langit senja maupun sebelum fajar tiba. Venus merupakan benda langit tercerah setelah bulan. Magnitude nya sekitar -4,6 tampak cerah daripada bintang-bintang lainnya.  Meskipun dijuluki sebagai Sister Planet, venus memiliki perbedaan dengan bumi seperti tekanan atmosfer yang mencapai 92X tekanan atmosfer bumi dan kandungan gas yang tidak mendukung kehidupan di planet itu sendiri. Venus tidak memiliki satelit sepertihal nya planet merkurius.

Di permukaan venus terdapat gunung, lembah dan atmosfer. Namun untuk mendukung kehidupan, venus bukanlah planet yang bersahabat. Hampir 90% kandungan udara diatmosfernya adalah Karbon di oksida dan selebih nya adalah nitrogen. Maka tidak mengeherankan jika venus mempunyai efek rumah kaca dimana sinar matahari yang masuk atmosfer venus teperangkap dan tidak bisa kembali. Akibatnya, disepanjang hidup nya venus akan dipenuhi awan dan gas-gas tebal yang menyelimuti permukaan sehingga untuk melihat permukaan nya dibutuhkan pesawat tanpa awak yang dapat mendekat ke planet venus.



Di tahun 2005 sebuah pesawat tanpa awak milik ESA diluncurkan ke venus untuk misi mengamati Sister Planet. di dapatkan ternyata venus mempunyai permukaan yang memang mirip dengan bumi. Ada gunung, lembah, kawah dan dataran. Dataran di permukaan itu dibagi menjadi dua kawasan yaitu dataran utara disebut Ishtar Terra dan dataran selatan disebut Aphrodite Terra. Di dataran bagian utara terdapat sebuah gunung tertinggi yang bernama Maxwell Montes.

Venus merupakan planet terpanas di tatasurya. Jarak nya yang cukup dekat membuat sinar matahari yang menerangi planet ini cukup memanggang nya di siang hari. Suhu rata-rata mencapai suhu hingga 460 derajat Celciusdan di sepanjang hidup nya, Venus tidak memiliki perubahan musim maupun iklim layak nya di bumi. kemiringan sumbu yang hanya bergeser sekitar 3,4 derajat membuat sinar matahari yang menerpa permukaan kutub cenderung lebih sering sehingga perubahan musim dan pergeseran matahari dari horizon planet venus tidak lah begitu berpengaruh. Venus mengelilingi matahari selama 255 hari di bumi atau sekitar 8.5 bulan dan mempunyai waktu rotasi yang lebih lama dari pada revolusi nya yaitu selama 249 hari di bumi dengan perputaran searah jarum jam.

Permukaan Planet Venus

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

One thought on “Venus

Leave a Reply