Saturday Nov 1, 2014

Mengenal Rasi Gubuk Penceng atau Rasi crux

Rasi Gubuk penceng begitulah orang jawa mengatakan nya atau rasi salib selatan merupakan salah satu dari sekian banyak rasi yang cukup terang ketika langit malam tiba. Letak nya yang berada di selatan katulistiwa dan bintang nya yang selalu menunjukkan arah selatan membuat nya dijadikan sebagai kompas alam ketika nelayan jaman dahulu berlayar di lautan. Tidak hanya itu saja disetiap daerah, pulau maupun negara rasi ini mempunyai nama lain seperti rasi layang-layang, rasi gubuk penceng, rasi salib selatan, rasi ikan pari dan masih banyak nama lainnya bergantung kesepakatan orang diwilayah itu menamakannya. Lantas apa nama sebutan rasi gubuk penceng ini di kalangan dunia internasional. Penasaran? Kita bahas sama-sama yuk seputar rasi gubuk penceng ini. :D

Crux atau si rasi salib selatan merupakan sebutan dari rasi gubuk penceng di dunia internasional. Tersusun atas beberapa bintang yaitu Acrux(Alpha crux), Gacrux(gama crux), Mimosa, Delta Crucis dan epsilon crucis. Dari kelima bintang yang ada, mimosa merupakan bintang yang paling terang di rasi crux dan Epsilon crucis sebagai bintang yang paling redup diantara lainnya. Sistem bintang dari kelima bintang ini ternyata bermacam-macam, Acrux dengan sistem bintang ganda, gacrux dengan tiga sistem bintang, mimosa dengan sistem bintang ganda dan Delta Crucids satu bintang. Didukung dengan magnitudo bintang yang relatif terang (1 – 1,5) Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa rasi crux menjadi salah satu rasi yang mudah dan sering tampak dilangit malam.

Rasi Crux dan bintang-bintang nya. Credit : Stellarium

Hadar dan Alpha Centauri merupakan dua bintang anggota dari Rasi Centaurus. Penampakan nya yang terang dilangit malam membuat keduanya selalu menemani rasi crux. Maka tidak jarang jika kita lihat rasi crux dan 2 bintang dari rasi centaurus jika digabung akan tampak ikan pari seperti pada ilustrasi dibawah.

Rasi Crux tampak seperti ikan pari dan layang-layang



Rasi crux oleh para nelayan jaman dahulu dijadikan sebagai kompas alami yaitu dengan cara menarik garis lurus kebawah antara Gacrux dan Acrux. Seiring berputar nya bola langit akibat rotasi dan revolusi bumi, Rasi crux akan berpindah posisi dari jam ke jam nya. Jika kita simulasikan dengan stellarium, maka kita akan tahu bahwa Gacrux dan Acrux akan selalu menunjuk pada sebuah titik yaitu arah selatan.

Rasi Crux dari malam ke malam - Ilustrasi : Stellarium

Rasi Crux terbit dilangit hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Rasi crux dapat kita lihat pada bulan Februari hingga bulan Juni. Jika kita mempunyai binokular maupun teleskop, kita dapat mengamati beberapa objek disekitar rasi crux dan centaurus seperti Jewel Box (kotak berlian) sebuah opencluster atau nama astronomis nya Cru Cluster / NGC 4755 dan Open Cluster NGC 3766.

Jewel Box atau NGC 4755

Untuk mengenali rasi crux anda tidak diharuskan mempunyai teleskop maupun binokular. Dengan memastikan langit cerah, tau kapan crux muncul dan melihat di langit sebelah selatan kita akan menemukan rasi crux dengan mudah. Jika anda kesulitan menemukan nya pada bulan hari tanggal dan jam nya, anda dapat menggunakan Stellarium yaitu sebuah software simulasi langit yang akan mensimulasikan langit secara realtime dimana syarat dan konfigurasi nya benar. Selamat mengamati Si Gubuk penceng. Happy Skygazing dan Salam Kafe astronomi. :) HG



Rasi Crux disimulasikan menggunakan Stellarium pada arah selatan.

Referensi : Wikipedia.org, Stellarium, Bank data JAC.

1 Comment

Comments -49 - 0 of 1First« PrevNext »Last
  1. blog yang sangat manfaat dijadikan referensi tulisan makalah saya

Comments -49 - 0 of 1First« PrevNext »Last

Leave a Reply