Mengenal Matahari

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

You may also like...

4 Responses

1. nico31 says:

Matahari meripakan suatu anugerah dari Tuhan YME kpd seluruh mahluk hidup di Bumi ini

2. ransel lucu says:

permukaannya saja 5.505° Celcius, ditambah lagi sekarang tumbuhan di bumi makin berkurang, ozon menipis, panasnya matahari makin terasa panas..

1. 01/02/2012

[…] Jalur medan magnet matahari berputar searah dengan rotasi matahari (ke kanan) dan kekuatan magnet matahari selalu mengalami perubahan tergantung pada aktifitas yang ditimbulkan oleh rotasi matahari. Matahari selalu mengalami peningkatan aktifitas setiap 8-15 tahun, dan setiap edaran tersebut, jalur magnetik matahari mengalami kekacauan yang mengakibatkan munculnya bintik-bintik matahari. Pada puncak edaran matahari (solar max) inilah biasanya matahari mulai menyerang dengan badainya dikarenakan pada puncak edaran ini jumlah sunspot semakin banyak sehingga jumlah volume dan energi yang dilontarkan CME juga semakin besar. Ketika edaran bintik matahari meningkat maka cahaya matahari akan melemah, dan sebaliknya, ketika bintik matahari melemah matahari akan bersinar lebih terang bahkan hingga mencapai 1000 kali lipat. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai matahari bisa menilik artikel berikut Mengenal Badai Matahari,  Badai Matahari Tidak Membahayakan Bumi dan Mengenal Matahari […]