Mengenal Galaksi Sombrero

Spiral Galaxy M104 aka Galaksi Sombrero

Dari namanya mungkin kalian sudah bisa membayangkan. Ya, galaksi ini memang terlihat seperti topi sombrero. Galaksi yang berlokasi 28 juta tahun cahaya dari bumi ini hanya dapat diamati menggunakan teleskop-teleskop besar yang memiliki kemampuan hingga magnitudo +9. Jika ingin melakukan observasi, galaksi ini terletak di ujung gugusan galaksi Virgo di rasi Virgo.

Pencitraan dengan cahaya tampak.Galaksi ini punya jari-jari sekitar 60.000 tahun cahaya. Kalian pasti bertanya-tanya, kenapa kok tengahnya bisa terang gitu. Itu karena ada miliaran bintang-bintang tua tersebar di sekitar tengah galaksinya. Semuanya tersebar di segalah arah. Dan pendaran cahayanya itu yg membuat bulge galaksi ini terlihat sangat besar.

Oh iya, bagian cakram yg mengelilingi pusat galaksi itu sebenernya hanya awan debu. Sedikit sekali bintang di bagian cakram luarnya. Lalu, bintangnya dimana? Bintangnya ada di daerah bagian dalam galaksi itu. Dalam pencitraan inframerah, bagian pinggirnya hanya awan debu saja, sedangkan bagian dalamnya hanya bintang-bintang saja.

note:
karena banyaknya bintang yg tersebar, akibatnya ilmuan kewalahan mencitrakan inti galaksinya dengan cahaya tampak. Sehingga digunakan pencitraan inframerah serta sinar X sebagai penunjang pencitraan terhadap galaksi ini.

berdasarkan pengamatan menggunakan gelombang elektromagnet, ditemukan sebuah black hole yg sangat massif di pusat galaksi ini.



kalian juga bisa lihat galaksi latar belakang di bagian bawah galaksi ini. Itu adalah 2 buah galaksi yang saling berinteraksi satu sama lain dengan bertukar bintang. Sebenarnya banyak sekali galaksi di belakang galaksi ini. Jaraknya pun lebih jauh daripada sombrero itu sendiri.

Sumber: www.nasa.gov; www.hubblesite.org; apod.nasa.gov

 

Pencitraan dengan gelombang berbeda
Galaksi sombrero yang dicitrakan menggunakan sinar x (biru), inframerah (oranye), dan tampak (hijau).

Leave a Reply