Membatalkan Kiamat 2012

Inilah salah satu paradoks dunia kita masakini. Saat kita berbicara mengenai benda langit seperti asteroid atau komet, terlebih yang memiliki potensi bahaya bagi Bumi, publik disekitar kita seakan berjejal mendengarkan penjelasan yang seakan–akan ilmiah (pseudo–sains) yang dipaparkan secara bombastis oleh artis, paranormal dan berbagai pihak lainnya. Ulasan tentang makhluk asing, peradaban luarbumi nan cerdas, transformasi dimensi maupun kehancuran total pun bergema dimana-mana. Sebaliknya paparan yang mencoba menjelaskannya dari sudut pandang ilmiah yang sebenarnya, yang berdasarkan data dan fakta yang tersaji lewat beragam instrumen pengindera yang dianalisis secara hati-hati sehingga sajiannya cenderung linier, justru sepi dari penonton.

Realitas seperti ini pulalah yang kita jumpai dalam perjalanan meniti tahun 2012, yang acapkali disebut sebagai ”tahun kiamat.” Bertahun–tahun publik diharubirukan oleh ramalan yang menekankan 2012 sebagai akhir dunia, tahun pemusnahan massal, tahun saat ras manusia dihapuskan dari muka Bumi dan berbagai situasi mengerikan lainnya. Tak lupa pula dicantumkan sejumlah ”teori” astronomi, baik terkait Matahari, planet maupun komet, yang memberikan kesan ilmiah dan dicuplik dari lembaga–lembaga astronomi kelas dunia yang tepercaya sehingga mengesankan didukung kuat oleh ilmu pengetahuan.

 

Benarkah demikian? Buku kecil ini menyajikan dengan gamblang bagaimana ramalan Kiamat 2012 telah menipu kita. Teori astronomi yang sahih didukung bukti observasi terkini yang tegas ternyata tidak mendukung satupun dari aspek–aspek yang diklaim Kiamat 2012. Disajikan dalam bentuk ringkas dan padat dengan bahasa yang sederhana tanpa menyertakan persamaan–persamaan matematika (yang bagi sebagian kita cukup ”mengerikan”), buku ini masih menyertakan pula sejumlah foto bermutu tinggi sebagai hasil observasi terkini terkait aspek–aspek yang diklaim sebagai bagian Kiamat 2012. Semuanya menegaskan Kiamat 2012 adalah tidak berdasar.



Buku kecil ini wajib dimiliki dan dibaca anda, terutama pelajar, mahasiswa, guru, dosen, santri, kyai/ulama dan masyarakat luas yang menaruh perhatian besar terhadap isu Kiamat 2012 sekaligus mencoba untuk memosisikan diri sebenarnya mana yang benar di tengah banjir isu yang tak berkesudahan.

Membatalkan Kiamat 2012
Membatalkan Kiamat 2012
Membatalkan_Kiamat_2012.zip
5.3 MiB
997 Downloads
Details...

Ma'rufin Sudibyo

Orang biasa saja yang suka menatap bintang dan sedang mencoba menjadi komunikator. Saat ini sebagai ketua tim ahli Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen, Jawa Tengah. Aktif pula dalam Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak Rukyatul Hilal Indonesia (LP2IF RHI), Ikatan Cendekiawan Falak Indonesia (ICFI), Jogja Astro Club dan International Crescent Observations Project(ICOP). Juga sebagai pembimbing dan pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIF) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKF) Kebumen, keduanya di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

One thought on “Membatalkan Kiamat 2012

Leave a Reply