Pengantar Materi Bab 2

Author : Dr. Christopher Palma
Penterjemah & Editor: Eko Hadi G

Seperti kebanyakan siswa, mungkin anda masuk ke dalam e-learning ini dengan pemikiran bahwa kita akan menghabiskan seluruh aktifitas astronomi kita dengan mengamati langit malam. Apa yang akan kita pelajari pada e-learning ini tidak selamanya mengamati langit malam terus menerus melainkan kita juga mempelajari astrofisika agar kita dapat memahami dan memecahkan masalah tentang bagaimana benda-benda langit dapat memiliki perilaku yang beda dari lainnya dan memahami alasan mengapa benda-benda itu dapat berperilaku tertentu. Secara tradisional hal ini telah diajarkan dari perspektif sejarah. Pada bab ini kita akan melihat seberapa lama waktu yang dibutuhkan dari mulai melakukan pengamatan benda-benda dilangit hingga memahami benda-benda langit untuk yang pertama kalinya.

Dalam bab ini, kita akan mulai mempelajari fisika dasar yang merupakan dasar dari astronomi, untuk saat ini kita akan fokus pada orbit planet-planet mengelilingi matahari dan gaya gravitasi. Kisah ini melibatkan banyak ilmuwan paling terkenal dari sepanjang sejarah: Aristoteles, Ptolemy, Galileo, Copernicus, Newton, dan beberapa astronom terkenal yang mungkin anda tidak akrab dengan namanya seperti Tycho Brahe dan Johannes Kepler. Kisah tentang bagaimana konsep pemahaman kita tentang tata surya dan bumi sebagai tempat tinggal kita berkembang adalah contoh yang sangat baik dari metode ilmiah dan bagaimana keakuratan pengamatan dapat memaksa kita untuk mengubah beberapa teori yang paling mendasar tentang alam semesta.

Apa yang akan kita pelajari dalam Bab 2?
Pada akhir Bab 2, Anda harus dapat:

• Menginterpretasikan bukti pengamatan Tata Surya dengan konsep heliosentris.
  • Membandingkan secara kuantitatif, membedakan bentuk orbit planet dan hubungan antara jarak mereka dari Matahari serta periode orbit mereka.
  • Menjelaskan mengapa gaya gravitasi menjadi kekuatan yang menjaga planet-planet di orbit sekitar Matahari dan menjelaskan bagaimana sifat orbital suatu objek dapat digunakan untuk menentukan massa sebuah sistem.

Daftar materi Bab 2