Majalah BimaSakti 13 / II / 2014

Assalamualaikum wr wb…

Bulan April hingga bulan Mei merupakan bulan-bulan dimana kegiatan astronomi khususnya amatir akan mulai mencapai kesibukan dengan digelarnya pekan perayaan astronomi global sedunia. GAM atau global astronomy month merupakan salah satu program astronomi dunia yang menjadikan bulan april menjadi bulan bagi astronom amatir dan professional saling berkolaborasi untuk mengeksplorasi langit bersama. Diawal april, gerhana bulan total akan mewarnai langit Indonesia meski tak semua wilayah Indonesia mampu menyaksikannya dan dibulan Mei sebuah badai meteor langka akan mewarnai langit Indonesia dalam satu malam dengan instensitas badai meteor mencapai 200 meteor perjamnya.

BIMA SAKTI edisi kali ini mengambil tema tentang Badai meteor Camelopardalids dan mencoba mengulasnya lebih dalam bagaimana badai meteor Camelopardalids dapat terjadi hingga pembahasan lebih lanjut bagaimana cara pengamatannya. Tidak hanya itu saja, pembahasan seputar gerhana bulan dan perayaan astronomi global atau Global Astronomy Month juga dibahas dalam satu liputan khusus yang sangat menarik. Dalam beberapa rubrik selanjutnya BIMA SAKTI akan menampilkan pembahasan tentang bagaimana menempatkan sebuah satelit di luar angkasa dan bagaimana sebuah bintang dikelompokkan pada pagian pertama.

BIMA SAKTI sebagai majalah elektronik media informasi astronomi indonesia kembali mengajak para pembaca untuk turut berpartisipasi dalam menambah khazanah pengetahuan langit dan bumi dalam wujud tulisan, karya fotografi maupun donasi. Partisipasi tulisan dan foto dapat dikirimkan ke alamat [email protected] Akhir kata, selamat membaca BIMA SAKTI edisi ini dan salam astronomi Indonesia.

Wassalamualaikum wr wb…

Redaksi

Cover 1

Bimasakti 13 II 2014 (3.6 MiB, 1807 downloads)

Leave a Reply