Majalah Bima Sakti No 7 Volume I

Assalamualaikum wr wb…

Pembaca yang terhormat,
Apa yang terlintas dalam benak anda tatkala menyaksikan kilatan cahaya mengerjap singkat di langit malam? Ya, itu meteor. Umat manusia mengenal meteor sebagai benda langit yang relatif ‘bersahabat’ dan bahkan beberapa memitoskannya sebagai pertanda keberuntungan. Tak heran jika di berbagai daerah kehadirannya kerap ditunggu-tunggu, terutama dalam hajatan politik guna menentukan pemimpin lokal mulai dari kelas kepala desa hingga setingkat bupati atau bahkan gubernur.

Namun peristiwa di Rusia menjungkirbalikkan mitos ‘bersahabat’ tersebut. Sebingkah asteroid yang memasuki atmosfer sebagai meteor ternyata bisa berperilaku mirip senjata nuklir yakni sama-sama mengeluarkan energi ekstra besar. Ribuan orang luka-luka bersama dengan rusaknya ribuan bangunan. BIMA SAKTI kali ini mencoba mengupas tuntas kejadian yang menghebohkan dunia tersebut, termasuk bagaimana peristiwa yang jauh lebih energetik di masa silam menyebabkan punahnya dinosaurus serta bagaimana status terkini upaya manusia mengatasi ancaman sejenis di masa depan.

Selain itu BIMA SAKTI juga masih menampilkan perjalanan komet PanSTARRS, dengan titik berat pada observasi dan fenomena yang menyertainya. Termasuk ulasan observasi bersejarah dari Indonesia. Juga ada ulasan singkat bagaimana menentukan arah kiblat dengan menggunakan posisi benda langit khususnya Matahari, dimana situasi istimewa bakal terjadi di penghujung bulan Mei 2013. Dibahas pula tetangga dekat tata surya kita yang baru saja ditemukan dalam wujud bintang katai coklat ganda, tabrakan satelit (lagi) yang kali ini melibatkan sebuah satelit nano dan pecahan sisa ujicoba antisatelit serta bagaimana kita kini mendapatkan bukti bahwa pernah ada lingkungan yang ramah kehidupan di Mars purba. Jangan lupakan pula sajian foto-foto menarik tentang garis-garis istimewa Bumi serta ulasan tentang Bulan Astronomi Global.

BIMA SAKTI sebagai majalah elektronik media informasi astronomi indonesia kembali mengajak para pembaca untuk turut berpartisipasi dalam menambah khazanah pengetahuan langit  dan bumi dalam wujud tulisan, karya fotografi maupun donasi. Partisipasi tulisan dan foto dapat dikirimkan ke alamat [email protected] Akhir kata, selamat membaca BIMA SAKTI edisi ini dan salam astronomi Indonesia

Wassalamualaikum wr wb…

Redaksi

BimaSakti No 7 Volume 1

Klik Tombol Download untuk mengunduh Majalah Bimasakti

Bima Sakti No 7 Volume 1 (2.2 MiB, 1434 downloads)

5 thoughts on “Majalah Bima Sakti No 7 Volume I

Leave a Reply