MAC, benarkah sebuah Komunitas Astronom Malang?

MAC (Malang Astronomy Club) merupakan sebuah komunitas astronom amatir pertama yang ada di kota Malang. MAC ini terbentuk karena banyaknya peminat astronomi di kota Malang baik dari kalangan pelajar maupun pengajar.

Kapan Komunitas Ini terbentuk ?
Komunitas ini terbentuk melalui sebuah jejaring sosial yang cukup banyak diminati dikalangan masyarakat Indonesia. Komunitas yang baru terbentuk pada 25 juli 2012 tepat pukul 08.09 ini sampai sekarang sudah memiliki jumlah anggota 150 dalam grupnya disebuah jejaring sosial. Terbentuknya MAC ini bermula ketika Aldy Ananda, seorang siswa SMK TELKOM SHANDY PUTRA Malang yang sedang kebingungan mencari wadah untuk pecinta astronomi di kota Malang. Hingga kemudian mencari teman seHobi dengannya yaitu mengamati Langit malam di jejaring social. Pada saat itu, dia menemukan teman seHobi nya bernama Syaifuddin zuhrie dan Lionel Adeyga. Dan merekapun lantas membentuk suatu komunitas kecil di Malang bernama MAC.

Bagaimana Saat pertama Memulai Kegiatan di MAC ini ?
Kegiatan sekaligus pertemuan pertama anggota MAC yakni tanggal 28 Juli 2012 pagi pukul 01.00 Pagi, untuk menyaksikan hujan Meteor Delta Aquarids di bukit tidar kota Malang. Di awali dengan 8 anggota MAC yang sangat berantusias dengan Astronomi, mulai memandang langit sembari berbaring di bawah bintang yang berkedip dan sesekali berteriak riang saat melihat meteor jatuh.



Mengamati hujan meteor

Apa Tujuan MAC di bentuk ?
MAC (Malang Astronomy Club) di bentuk untuk saling Sharing atau berbagi ilmu dalam dunia astronomi, dan tentunya sebagai wadah untuk penghobi sekaligus pecinta ilmu Astronomi dan Langit Malam di kota Malang agar saling mengenal.

Mengapa harus MAC, bukan CAM, AMC  atau ACM?
Di karenakan nama kota harus di dahulukan seperti JAC (Jogja Astro Club) dan SAC (Surabaya Astro Club) kami juga menekankan Malang, oleh karena itu kami dahulukan.

Apa kegiatan kedepan MAC untuk mengembangkan komunitas ini ?
Kita sekarang fokus pada Pengumpulan Peminat Astronomi di kota Malang agar bergabung dengan MAC. Langkah selanjutnya kita akan mengadakan pertemuan rutin. Selain itu MAC diharapkan bias menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan atau Institut terkait untuk memperdalam ilmu tentang astronomi, disamping juga untuk memfasilitasi pengabdian pada masyarakat.

Apa tujuan kedepan MAC ini ?
Tujuan jangka panjangnya adalah untuk mensosialisasikan warga kota Malang tentang keindahan Langit Malam Kota Malang yang sebenarnya akan terlihat lebih indah tanpa polusi cahaya yang berlebihan, sehingga dapat menekan efek dari pemanasan global. Selain itu kita juga bisa berbagi ilmu astronomi dengan pelajar-pelajar yang ada di kota malang serta dapat melakukan pengabdian masyarakat melalui disiplin ilmu astronomi.

MAC (Malang Astronomy Club) merupakan sebuah komunitas astronom amatir pertama yang ada di kota Malang. MAC ini terbentuk karena banyaknya peminat astronomi di kota Malang baik dari kalangan pelajar maupun pengajar.

 

13 thoughts on “MAC, benarkah sebuah Komunitas Astronom Malang?

Leave a Reply