Lima Planet dalam Satu Malam

Hai semua. Gimana kabarnya? Dibulan Ramadhan masih sering mengamati langitkan? Dibulan Ramadhan ini kita akan dapat menjumpai planet-planet di tatasurya semenjak matahari terbenam hingga sang surya kembali memancarkan sinarnya. Disore hari hingga malam menjelang, langit akan menyuguhkan pemandangan berisikan dua planet yaitu planet Venus dan planet Saturnus dan kala fajar mulai terbit dari ufuk timur tiga planet akan tampak menghiasi langit – mereka adalah planet Merkurius, Mars dan Jupiter. Kelima planet ini akan tampak dari hari kehari hingga tangga 13 agustus kemudian mereka tersisa menjadi empat karena posisi merkurius yang telah berada dibawah horizon. Baiklah sebelum kita membahas bersama tentang kelima planet-planet yang akan tampak dalam satu malam penuh, akan saya sampaikan bahwa kelima planet yang akan kita amati sejatinya dapat anda lihat dengan menggunakan mata tanpa alat bantu optik dan jika anda menginginkan detail yang lebih bagus, anda juga dapat menggunakan teleskop yang anda miliki. Langsung saja yuk kita bahas dari sore hingga pagi hari.

Setelah sang surya menenggalamkan wajahnya di ufuk barat dan atmosfer mulai gelap terkadang kita akan melihat bintang bersinar sangat terang di belahan langit barat namun bintang yang bersinar ini tidaklah berkelip sangat terang bahkan pada saat langit diselimuti oleh mendung tipis bintang ini masih tampak bersinar sedang yang lainnya tidak. Ya, inilah yang sebenarnya kita sebut dengan planet atau bintang pengembara. Cahaya Planet tidak pernah berkelip sebagai akibat dari dekatnya planet dibanding bintang dengan bumi kita dan sudut yang dibentuk dari diameter cakram planet lebih besar daripada sudut yang dibentuk dari diameter cakram bintang sehingga saat memasuki atmosfer bumi “cahaya planet” tidak mudah terkoyak oleh atmosfer bumi. Planet yang kebetulan akan nampak disore hari tepat diatas ufuk langit barat adalah planet Venus. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Venus atau kembaran bumi memiliki sebutan sebagai si bintang kejora atau bintang senja. Ia akan selalu tampak pada saat senja maupun fajar, hal ini disebabkan karena orbit Venus berada didepan bumi dan orbitnya dekat dengan matahari kita. Ketinggian Venus diatas horizon hanya akan mencapai ketinggian tak lebih dari 44 derajat setelah matahari terbenam. Fakta ini menjadikan salah satu bukti bahwa planet-planet serta bumi mengelilingi matahari. Planet Venus dapat anda amati semenjak matahari terbenam hingga pukul 19.40 WIB dan akan terbenam semakin malam dari hari kehari. Venus akan nampak di ufuk barat hingga tanggal 21 Desember 2013.

Planet Venus dan Saturnus disore hari. Simulasi langit menggunakan Stellarium.
Planet Venus dan Saturnus disore hari. Simulasi langit menggunakan Stellarium.

Menengadah keatas langit, kita akan melihat rasi Virgo dengan bintang terangnya Spica dan di sebelah utaranya tampak juga bintang terang Arcturus yaitu salah satu bintang terang dirasi Bootes. Namun jika kita amati bersama, akan ada bintang terang disebelah timur dari bintang spica dan jika ditarik garis lurus antara bintang spica, arcturus dan bintang terang ini – akan membentuk sebuah segitiga. Nah sebenarnya siapa ya bintang terang di timur bintang spica ini? Ya, dia bukan bintang melainkan planet. Cermati kembali warnanya yang kuning dan ia tidak akan berkelip. Planet yang ada di atas kepala kita adalah si cantik Saturnus. Ia memiliki cincin dengan penampakannya dilangit seperti bintang berwarna kuning dan tidak berkelip. Saturnus pada bulan ini hingga akhir agustus akan berada pada rasi Virgo dan selanjutnya dibulan september ia akan berpindah mengembara menuju rasi Libra. Jika anda berkesempatan menggunakan teleskop, anda akan dapat melihat cincin Saturnus yang menawan beserta bulannya yang terbesar yaitu Titan. Saturnus akan tampak selepas matahari terbenam dan ia akan terbenam di ufuk barat pada pukul 23.00 WIB dan dari hari kehari planet saturnus akan tenggelam diufuk barat lebih awal. Anda mau tau seperti apa Saturnus jika dilihat menggunakan teleskop? Berikut videonya.



Menjelang pagi hari dan mengamati langit disebelah timur sekitar pukul 04.30 WIB, kita akan melihat 2 bintang bersinar terang saling berdekatan. Sekali lagi, mereka bukan bintang melainkan planet. Planet yang akan nampak pada pagi hari nanti adalah Merkurius, Mars dan Jupiter. Mars dan Jupiter akan tampak berdekatan sedang Merkurius akan tampak di atas horizon dan tidak cukup tinggi. Peristiwa terlihatnya planet-planet dalam satu waktu ini biasa disebut dengan Dance of the Planet. Untuk mengamati ketiga planet ini sejatinya dapat diamati dengan mata tanpa alat bantu optik namun untuk melihat lebih detail planet seperti Jupiter anda membutuhkan teleskop dengan pembesaran minimal 36x dan anda sudah dapat melihat Jupiter beserta 4 satelit galileannya. Dipagi hari Mars dan Jupiter akan terbit pada pukul 04.30 WIB sedang Merkurius akan terbit pada pukul 04.50 WIB hingga matahari terbit. Seiring hari berganti, Mars dan Jupiter akan terbit lebih pagi namun tidak untuk Merkurius yang justru semakin hari semakin mendekati terbitnya matahari.

Planet Merkurius, Mars dan Jupiter dipagi hari. Simulasi langit menggunakan Stellarium.
Planet Merkurius, Mars dan Jupiter dipagi hari. Simulasi langit menggunakan Stellarium.

Jika anda berkesempatan untuk mengabadikan ketiga planet ini dipagi hari (Merkurius, Mars dan Jupiter), anda akan mendapatkan pemandangan langit yang tidak hanya tiga planet itu saja melainkan juga akan tampak rasi Orion dengan nebula Orion serta bintang Sirius yaitu bintang paling terang dilangit malam. Bagaimana anda ingin mencobanya? Silahkan mencoba dengan kamera DSLR maupun piranti pencitraan lainnya. Bilamana anda membutuhkan tutorial pemotretan langit dengan menggunakan kamera DSLR, anda dapat membaca tutorial pada artikel Tips memotret bintang untuk kamera Canon dan artikel Teknik Foto dalam Astrofotografi untuk kamera Nikon. Selamat mencoba dan selamat mengamati lima planet dalam satu malam!

Kirimkan foto langit anda ke redaksi Kafe astronomi di [email protected]

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : [email protected] Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply