Leonids Meteor Shower 2010 di Hari Raya Idul Adha.


Ditahun ini hujan meteor leonids bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha 1431 H tepat nya hari Rabu 17 November 2010. Hujan Meteor leonids merupakan hujan meteor yang disebabkan oleh sisa-sisa dari komet Tempel-Turtle disaat melewati orbit bumi dikala itu. Leonids di ambil berdasarkan letak dari radiant/arah sumber meteor yaitu pada Rasi Leo sehingga dinamakan Leonids. Sebagian besar nama hujan meteor diambil berdasarkan dari nama arah sumber nya, misalkan Orionids di bulan oktober yang lalu ber-radiant pada konstelasi Orion begitu pula leonids, geminids dan lyrids.Leonids sebenarnya dimulai sejak tanggal 14 November hingga tanggal 21 November dan puncak nya pada tanggal 17 November. Hal ini dikarenakan seiring bumi mengelilingi matahari, bumi akan melewati orbit dimana terdapat sisa-sisa reruntuhan dari komet Tempel-Turtle yang mana jumlah nya paling banyak disaat bumi meng-orbitĀ  pada tanggal 17 November. Analoginya seperti hal nya kita berjalan di sebuah jalan ada kalanya kita berjalan melewati jalan yang mulus dan ada kalanya kita melewati jalan berbatu dan berpasir begitu pula perjalanan bumi mengelilingi matahari setiap tahunnya tidak selalu mulus. Diperkiraan banyak nya meteor yang tampak perjam nya adalah sekitar 40 Meteor perjam.


Konstelasi Leo terbit pada pukul 2.00 WIB di arah timur dan mulai dapat terlihat secara jelas pukul 03.00 WIB. Hujan meteor leonids tergolong meteor shower pagi karena rentang waktu untuk melihat nya relatif pagi sekitar pukul 02.00 – pukul 05.00. Seperti hal nya observasi orionids sebelum nya, lagi-lagi kita akan berurusan dengan yang namanya cahaya bulan dimana polusi cahaya nya dapat mengganggu kegiatan observasi. Pengalaman Orionids yang lalu mengatakan bahwa cahaya bulan memang benar-benar sangat mengganggu apa lagi kala itu bulan 90% purnama sehingga untuk mengambil citra langit, nampak lokasi observasi tidak seperti malam hari melainkan seperti siang hari. Untungnya langit di tanggal 17 November tidak separah langit saat orionids karena bulan 75% purnama dan tenggelam pada pukul 02.00 WIB kemudian disusul dengan muncul nya konstelasi Leo sehingga pada saat radiant meteor terbit dari ufuk bulan sudah tenggelam.

Polusi Cahaya oleh Bulan

Ntah apakah teman-teman JAC di Leonids tahun 2010 ini bisa melakukan stargazing bersama atau tidak dikarenakan selain waktu nya yang bertepatan dengan Hari Raya Idul adha, Yogyakarta juga sedang mengalami bencana dari gunung merapi oleh karena itu kami segenap Keluarga Besar Kafe Astronomi.com memohon doa sebanyak-banyak nya kepada para pembaca dan astromania untuk keselamatan kawan-kawan JAC yang berada di kota Yogyakarta dan masyarakat sekitar agar terhindar dari bencana sehingga bisa stargazing bersama lagi dan mempopulerkan astronomi ke masyarakat. Terimakasih.

Rasi Leo

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, Web Kafe Astronomi.com merupakan salah satu wujud kecintaannya kepada dunia astronomi di Indonesia. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply