Konjungsi Antara Venus dan Jupiter

Selama bulan ini dua planet bersinar terang yaitu Venus dan Jupiter akan tampak mendekat bersama-sama di waktu senja. Lihatlah di belahan langit malam saat senja perlahan menghilang dan anda tidak boleh melewatkan indahnya fenomena ini. Keduanya merupakan benda langit terang setelah Matahari dan Bulan.

Di awal juni, kedua planet tersebut berjarak 20 derajat di langit. hampir sekitar dua kepal tangan bila anda menghitungnya. Minggu demi minggu, Jupiter dan bintang-bintang perlahan mulai terbit di waktu senja dan tampak mendekati horizon barat saat terbit. Namun Venus, sebagai akibat dari pergerakan orbitnya mengitari matahari, Venus tetap tinggi di ufuk barat. Sebagai hasilnya, perlahan kedua planet ini tampak berdekatan di langit senja.

Pada tanggal 30 juni dan 1 Juli 2015, planet Venus dan Jupiter akan tampak berdekatan di belahan langit barat. Jaraknya hanya sekitar sepertiga derajat. Keduanya akan tampak berhimpit rapat dan seperti bintang ganda di sore hari. Peristiwa ini dapat anda saksikan pada mulai Matahari terbenam hingga pukul 20.30 WIB dengan menggunakan mata telanjang maupun dengan menggunakan instrumen astronomi seperti teleskop. Bagi mata telanjang, kedua planet ini akan tampak berdekatan dan bagi pengamatan melalui teleskop, Venus dan Jupiter akan tampak dalam satu medan pandang.

Venus dan Jupiter tampak sebagai dua bintang yang saling berdekatan. Sumber : Stellarium 2015
Venus dan Jupiter tampak sebagai dua bintang yang saling berdekatan. Sumber : Stellarium 2015

Dengan adanya peristiwa ini, Kafe Astronomi sebagai Media Informasi Astronomi Indonesia akan mengadakan pengamatan Live Streaming yang dapat anda akses pada link www.kafeastronomi.com/live . Bilamana anda terlambat tidak dapat ikut mengamati fenomena ini, anda dapat mengakses video rekaman live streaming pada Official Account kami di https://www.youtube.com/user/kafeastronomi21 . Pengamatan live streaming direncanakan akan mulai on air pada tanggal 30 Juni 2015 dan 1 Juli 2015 pada pukul 18.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Referensi : http://www.skyandtelescope.com/press-releases/Venus-and-Jupiter-june-2015/

Leave a Reply