Kalender Peristiwa Astronomi Bulan Maret 2015

Planet

Merkurius
MerkuriusPlanet Merkurius pada bulan Maret akan terbit di belahan langit timur pada pukul 04.31 WIB dan akan tampak di langit pagi hingga menjelang Matahari terbit. Peristiwa ini dapat anda saksikan dari awal bulan Maret hingga pertengahan bulan Maret 2015.

Venus
VenusDi sepanjang bulan Maret 2015, Planet Venus akan terbit sejak Matahari terbenam. Planet Venus akan tampak seperti bintang terang dengan warna kuning menyala tidak berkelip dan berada di belahan langit barat. Saat sore berganti malam, planet Venus di akhir bulan Maret akan terbenam pada pukul 19.43 WIB.

Mars
MarsPlanet Mars di sepanjang bulan Maret 2015 akan terbit sejak Matahari terbenam. Posisi planet Mars di langit saat itu berada di belahan langit barat. Di awal bulan Maret, planet Mars akan terbenam pada pukul 19.00 WIB dan di akhir bulan Maret planet Mars akan terbenam pada pukul 18.50 WIB.

Jupiter
YupiterSepanjang bulan Maret, planet Jupiter akan terbit sejak Matahari terbenam. Posisi planet Jupiter berada di belahan langit timur. Pada awal bulan Maret, planet Jupiter akan terbenam pada pukul 03.30 WIB dan diakhir bulan Maret planet Jupiter akan terbenam pada pukul 02.15 WIB

Saturnus
SaturnusPada awal bulan Maret 2015, planet Saturnus akan terbit di belahan langit timur pada pukul 22.38 WIB dan diakhir bulan Maret planet Saturnus akan terbit pada pukul 21.38 WIB. Di sepanjang bulan Maret, planet Saturnus akan selalu tampak didepan rasi bintang Scorpius dan planet Saturnus akan meramaikan langit malam dan terbenam saat Matahari terbit.



Bulan

Bulan Purnama
Fase Bulan Purnama atau Full Moon di bulan Maret akan terjadi pada tanggal 05 Maret 2015.

Bulan Kuarter Akhir
Fase Bulan Kuarter Akhir di bulan Maret akan terjadi pada tanggal 13 Maret 2015.

Bulan Baru
Fase Bulan baru di bulan Maret akan terjadi pada tanggal 20 Maret 2015.

Bulan Kuarter Awal
Fase Bulan Kuarter Awal di bulan Maret akan terjadi pada tanggal 27 Maret 2015.

Galaksi

Galaksi Bimasakti
Pada bulan Maret 2015, Galaksi Bimasakti di awal bulan Maret akan terbit pada pukul 01.00 WIB di belahan langit timur sedang di akhir bulan Maret galaksi Bimasakti akan terbit pada pukul 00.00 WIB. Galaksi Bimasakti akan tampak seperti kabut tipis berwarna putih menjulang dari selatan ke utara.

Large Magellanic Cloud
Di sepanjang bulan Maret, galaksi Large Magellanic Cloud(LMC) atau Awan Magellan Besar akan tampak setelah Matahari terbenam. LMC akan tampak menyerupai kabut tipis dan berada di belahan langit selatan. Di awal bulan maret, LMC akan terbenam pada pukul 00.00 WIB dan di akhir bulan maret ia akan terbenam pada pukul 23.00 WIB.



Rasi Bintang

Rasi Bintang Gubug Penceng atau Crux
Rasi Bintang Gubug Penceng atau rasi bintang crux di awal bulan Maret akan terbit pada pukul 18.40 WIB sedang pada akhir bulan Maret rasi bintang gubug penceng akan terbit sejak Matahari terbenam di langit barat. Di sepanjang bulan Maret rasi gubug penceng akan selalu tampak di belahan langit selatan saat malam tiba dan ia akan terbenam saat Matahari terbit.

Rasi bintang Gubug Penceng. Sumber : Eko Hadi G 2015.
Rasi bintang Gubug Penceng. Sumber : Eko Hadi G 2015.

Rasi Bintang Scorpius
Rasi Bintang Scorpius di awal bulan Maret akan terbit pada pukul 00.00 WIB dan pada akhir bulan Maret rasi bintang Scorpius akan terbit pada pukul 23.00 WIB. Bersamaan dengan terbitnya rasi bintang Scorpius, pada saat itu planet Saturnus tampak berada di depan rasi bintang Scorpius. Rasi bintang scorpius akan selalu tampak di langit malam bulan Maret dan ia akan terbenam saat Matahari terbit.

Rasi Bintang Ursa Mayor
Rasi Bintang Ursa Mayor atau masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai rasi bintang Biduk pada awal bulan Maret 2015 akan terbit pada pukul 21.00 WIB dan pada akhir bulan Maret rasi bintang Ursa Mayor akan terbit pada pukul 20.00 WIB. Rasi bintang Ursa Mayor berbentuk seperti sendok terbalik dan berada di belahan langit utara. Disepanjang bulan Maret Rasi bintang Ursa Mayor akan selalu tampak di malam hari.



Hujan Meteor

Hujan Meteor Gamma Normids
Peristiwa hujan meteor Gamma Normids akan mencapai puncak aktifitas hujan meteor pada tanggal 15 Maret 2015 dengan intensitas hujan meteor sebanyak 6 meteor per jam. Hujan meteor Gamma Normids memiliki radiant rasi bintang Lupus yang berada di belahan langit selatan.

Equinox
Peristiwa Equinox atau peristiwa dimana posisi Matahari di langit tepat berada pada perpotongan antara garis katulistiwa dengan garis edar Matahari(garis ekliptika) akan jatuh pada tanggal 21 Maret 2015 pukul 04.45 WIB.

Leave a Reply