Kalender Event Astronomi 1.0 Rilis (Review)

Hari Selasa 12 Februari 2013, Kembali Kafe Astronomi akan merilis sebuah aplikasi Kalender Event Astronomi Versi 1.0 untuk mempermudah sobat – sobat Astro mengingat event astronomi yang terdekat. Seperti apakah review nya? Berdasarkan screenshoot yang ada, Software Kalender Event Astronomi ini memiliki beberapa fitur seperti fitur fase bulan, konjungsi planet, Hujan meteor, Gerhana, equinox, solstice, perihelion dan aphelion bumi. Seperti apa tampilannya?

Nah, kira – kira inilah tampilan Kalender Event Astronomi (KEA Versi 1.0)


Jelasin dong.
Pada tampilan utama terdapat kotak abu-abu, hijau dan biru. Apasih artinya? Kotak yang berwarna warni itu tak lain adalah hari-hari dalam kalender. Warna abu-abu menunjukkan hari biasa alias tidak ada event astronomi yang terjadi. Warna hijau menunjukkan hari dan tanggal yang didalamnya terdapat event astronomi. Bila kita klik hari yang berwarna hijau maka akan muncul didalam kolom teks event astronomi pada sidebar sebelah kanan. Dan terakhir Warna biru menunjukkan hari dan tanggal pada saat kita membuka aplikasi ini.



Berlanjut ketampilan sidebar sebelah kanan terdapat kolom teks event astronomi. Kolom ini bertugas untuk menampilkan event astronomi manakala sobat meng-klik hari yang diberi warna hijau atau pada saat hari ini sedang berlangsung event astronomi maka event astronomi akan ditampilkan pada kolom ini

Bagaimana Sob? Keren kan? Lanjut ya review nya. Diatas kolom teks event astronomi terdapat Jam, bulan dan tahun. Sobat hanya bisa mengakses bulan dan tahun saja sedang Jam yang tertampilkan di aplikasi adalah tampilan jam yang disinkronisasikan dengan waktu pada komputer sobat. Dengan sobat memilih bulan pada meun dropdown bulan, sobat dapat melihat event astronomi apa saja yang akan terjadi pada bulan-bulan mendatang. Woww menarik yah. Untuk tahun, tahun yang didukung oleh aplikasi ini hanyalah tahun 2013 selain itu tidak tertampak event astronomi. Hmmm… jadi tambah penasaran nih pingin nyoba ni software.

Untuk mendapatkan aplikasi Kalender Event Astronomi Versi 1.0 ini Sobat bisa men-download-nya di http://kea.kafeastronomi.com/download , aplikasi ini juga masih akan terus dikembangkan lho, dalam beberapa periode mendatang juga akan ditambahan fitur – fitur yang tidak kalah menarik. Namun sebelum aplikasi ini dijalankan, aplikasi ini berbasiskan sistem operasi windows jadi untuk linux dan MAC OS saat ini belum tersedia. Tidak hanya itu saja aplikasi ini hanya dapat diinstal pada komputer dan tidak untuk HP maupun tablet PC. Jika sobat telah meng-install aplikasi ini, kami menyarankan agar komputer sobat terhubung ke internet agar aplikasi ini mendownload beberapa dependensi sebagai pendukung aplikasi ini berjalan. Tenang cuma sekali aja kok. Jika temen2x kerepotan alias menemukan masalah laporkan aja ke almat ini http://kea.kafeastronomi.com/keluhan-aplikasi supaya dari pihak developer bisa mereview dan memfix nya 😀 . Ok deh semoga kontribusi yang sedikit ini dapat bermanfaat. Dah yuk kita langsung saja ke official site nya di http://kea.kafeastronomi.com/ atau langsung download di http://kea.kafeastronomi.com/download

.

4 thoughts on “Kalender Event Astronomi 1.0 Rilis (Review)

Leave a Reply