Monday Apr 21, 2014

Jogja Astro Club (JAC)

JAC atau Jogja Astro Club merupakan sebuah komunitas astronom amatir yang lahir di kota Yogyakarta. Didirikan di kota Yogyakarta pada 1 Juli 2005 oleh Mutoha Arkanuddin. Sejarah berdirinya Jogja Astro Club dimulai pada awal tahun 2005 ketika pendiri klub, Mutoha Arkanuddin yang memiliki kegemaran mengamati langit malam mencari kawan yang sehobi dengan dirinya melalui surat pembaca. Maka setelah berusaha mencari kawan lewat Surat Pembaca di sebuah harian lokal dan ditindaklanjuti dengan pertemuan perdana yaitu di kompleks Candi Prambanan. Secara resmi dibentuklah sebuah klub yang awalnya diberi nama Jogja Astronomical Amateur (JAA) kemudian dalam perkembangannya nama ini akhirnya berubah menjadi Jogja Astro Club (JAC) hingga saat ini. Bersamaan dengan lahirnya Jogja Astro Club (JAC) pada tanggal 1 Juli 2005, diluncurkanlah situs perdana dan mailing list. Kemudian diikuti dengan Halaman Facebook Jogja Astro Club dan terakhir diluncurkan nya Kafe Astronomi.com oleh salah satu anggota yang merasa diperlukannya media astronomi diinternet yang bersifat edukasi atau bersifat e-Learning.

Sejak awal dibentuknya JAC hingga sekarang 8 maret 2011, tercatat anggota yang aktif sekitar 41 orang. klub ini boleh dibilang cukup eksis atau setidaknya menjadi klub astronomi yang secara nasional sudah dikenal. 27 Juni 2010 bersama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) mengadakan observasi gerhana bulan bersama di Kompleks Candi Prambanan. Respon positif masyarakat yang antusias dengan kegiatan ini membuat astronomi khusus nya dikota Yogyakarta bertambah maju yaitu dengan muncul nya club-club astronomi disekolah-sekolah sekitar kota yogyakarta.

Sebagai sebuah komunitas amatir Jogja Astro Club (JAC) memiliki tujuan yang secara umum hampir sama dengan club-club astronomi lain baik di dalam maupun luar negeri yaitu Mempopulerkan Astronomi kepada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai macam program kerja yang tersusun baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang yang tertuang dalam  10 Visi dan Misi JAC.

10 VISI DAN MISI JAC

Mempopulerkan Astronomi kepada masyarakat melalui beberapa pemikiran kegiatan :

  1. Menghimpun masyarakat peminat astronomi di Yogyakarta dan sekitarnya baik dari kalangan akademisi, masyarakat awam, pelajar serta dari berbagai kalangan masyarakat peminat astronomi untuk belajar bersama, menyalurkan hobbi bersama dan mengadakan kegiatan bersama.
  2. Mempelopori terbentuknya klub-klub astronomi di sekolah-sekolah, kampus, pesantren dan lembaga lain serta mengadakan pembinaan klub dengan ilmu astronomi sebagai materi utama.
  3. Mengadakan dan mengikuti kegiatan pameran dengan memperkenalkan stand astronomi lengkap dengan segala macam peralatan serta foto-foto kegiatan dan astro fotografi.
  4. Menerbitkan media / penulisan artikel sebagai sarana informasi kepada masyarakat tentang peristiwa astronomi, peralatan astronomi, penentuan tarikh/penanggalan, foto-foto dsb. lewat berbagai media dan sarana komunikasi dan informasi seperti internet dsb.
  5. Mengadakan kegiatan sosialisasi astronomi berupa ceramah maupun pembagian brosur astronomi misalnya : Metode Hisab dan Rukyatul Hilal, Metode Penentuan Arah Kiblat, metode Penentuan Waktu Sholat, Pemutaran Film Astronomi, Gerhana, Pengamatan Langit, Star Party, Peringatan Hari Astronomi, dsb.
  6. Mengusulkan kepada pemerintah agar mendukung pendidikan astronomi bagi masyarakat dengan mendirikan Planetarium dan Observatorium di daerah Yogyakarta sebagai wahana pendidikan, wisata dan penelitian. Bangunan tersebut juga dilengkapi sarana observatorium berjalan atau Mobile Observatory yang dapat mengunjungi sekolah-sekolah.
  7. Membantu pemerintah khususnya Departemen Agama c.q. Badan Hidab & Rukyat (BHR) dalam setiap penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri  dan Idul Adha serta bulan-bulan Hijriyah yang lain serta Penyusunan Jadwal Shalat dengan membentuk Tim Hisab & Rukyat serta mendirikan secara permanen Gedung Pengamatan Hilal (Balai Cerap) untuk Wil. Yogyakarta. dengan didukung teknik komputerisasi, internet, serta peralatan yang lengkap dan memadai.
  8. Bekerjasama dengan instansi, lembaga atau ormas baik dalam maupun luar negeri baik secara langsung maupun tidak langsung tentang segala hal yang berkaitan dengan ilmu astronomi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  9. Memperjuangkan agar materi Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa (IPBA) TETAP menjadi materi pada Kurikulum SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi serta mengharapkan Perguruan Tinggi di Yogyakarta untuk membuka Jurusan Astronomi (UGM / UNY / UIN / UII dsb).
  10. Dan suatu saat kelak, JAC berharap bisa memiliki sebuah Observatorium di daerah Gunungkidul yang  berfungsi sebagai sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan astronomi, wisata pendidikan dan  kegiatan pengamatan bagi para anggotanya dan khalayak umum. Observatorium ini akan diberi nama “Jogja Observatory Center” dengan dana yang berasal dari masyarakat dan pemerintah serta  sumbangan  dari masyarakat astronomi dunia.

Keanggotaan Jogja Astro Club
Keanggotaan JAC sangat universal karena tidak memandang suku, ras maupun agama, kalangan akademisi, karyawan, pelajar, mahasiswa, buruh, pengusaha atau yang lainnya semua boleh bergabung menjadi anggota, dan tidak dituntut memiliki peralatan astronomi seperti teleskop atau yang lainnya. Karena cukup dengan mata atau peralatan bantu seperti binokuler saja anggota bisa belajar banyak tentang astronomi.

Aturan dasar keanggotaan Jogja Astro Club

  1. Keanggotan Jogja Astro Club (JAC) terbuka untuk semua kalangan.
  2. Keanggotaan JAC dibagai menjadi 4 tingkatan :
    • Anggota Pengurus -  Adalah anggota yang dipilih/ditunjuk/dimohon menjadi pengurus organisasi Jogja Astro Club (JAC) pada periode yang sedang berjalan.
    • Anggota Kehormatan – Adalah lembaga/organisasi/individu/pakar astronomi yang dimohon kesediannya untuk turut membantu kelancaran program kerja  JAC baik secara langsung maupun tidak langsung.
    • Anggota Biasa – Adalah masyarakat umum yang berusia 15 tahun ke atas dan interes dengan dunia astronomi.
    • Anggota Club – Adalah anggota atas nama sebuah club atau organisasi ekstra kurikuler sekolah, unit kegiatan kampus, pesantren dsb.
  3. Setiap permohonan keanggotaan diwajibkan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan atau Registrasi Online Klik disini
  4. Anggota JAC berhak mengikuti setiap aktivitas yang diselenggarakan oleh organisasi.
  5. Anggota JAC berkewajiban mentaati Angaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga (AD/ART) organisasi.

Struktur Kepengurusan JAC

Skema Kepengurusan JAC. Credit : Divisi Bank Data JAC

Peralatan Astronomi dan Pustaka Astronomi
Hingga terakhir tulisan ini dibuat, daftar peralatan Jogja Astro Club sudah tergolong lengkap dan cukup memenuhi syarat mulai dari observasi bintang hingga astrofotografi. Berikut daftar instrumentasi nya :

  • Teleskop MEADE 8″ SCT 8″/2000 mm
  • Teleskop Refraktor Sky Watcher 80EQ2 f=900 D=80 mm
  • Teleskop Vixen ED 80Sf. 80mm (3.15″) ED Apochromatic Multi-coated
  • Teleskop Newtonian Celestron Astromaster 114EQ
  • Teleskop Refraktor – d=55 mm f= 400 mm ( field 0,5 – 1 derajad ) home made
  • Binokuler Ascot 10×50 CFW
  • Binokuler (7×35) 6 buah , Binokuler (7×2,5) dan Binokuler (10×50)
  • Zoom Bino Nikula 8-32x25mm
  • Sunspot Viewer (rakitan sendiri)
  • Kamera Digital Canon A495
  • Kamera DSLR Canon EOS 350D
  • Handycam Sony DCR TRV 460E
  • 3 GLP (Green Laser Pointer/Pointer penunjuk bintang)
  • 2 Buah unit Notebook
  • LCD Projector dan 2 Screen LCD
  • Kompas, Simulator Gerhana, Bola Langit, Rubuk Mujayyab (quadrant) , Sextan, Jam Matahari/Siria,  Tongkat Istiwa dll. ( kebanyakan buatan sendiri / sumbangan ).
  • Aneka Chart, Poster, Peta Bintang, Moon Atlas, Cakram Bintang (Star Whell), Planispheres.

Tidak hanya itu saja, perangkat lunak yang dimiliki oleh JAC dan dikelola langsung oleh Divisi Bank data dan Divisi Informatika cukup banyak. Antara lain seperti software simulasi, planetarium dan mobile software. Berikut sebagian dari daftar software yang ada dan terdaftar.

  • Starrynight 6 Pro Plus
  • Starrynight Backyard
  • TheSkyX Student Edition
  • Lunar Phase Pro Versi 3.25
  • Nightshade
  • Dll

Dan masih banyak lagi. Tertarik? Ayo bergabung di Jogja Astro Club. klik disini untuk Registrasi Online.

Alamat Kantor Jogja Astro Club
Jogja Astro Club buka setiap hari kerja dari senin hingga sabtu mulai dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Alamat kantor/markas Jogja Astro Club : Jalan Affandi Soropadan no 4 Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta Indonesia atau dapat anda lihat di google maps dengan koordinat -7.760134,110.395482


View Larger Map
(Jika Bingung tekan Map pada pojok kanan atas agar peta satelit dihilangkan)

“Bringing Astronomy to the People and universe is yours”

2 Comments

Comments -49 - 0 of 2First« PrevNext »Last
  1. anggota jac

  2. Saya peminat Astronomi dari Purwakarta masih pelajar SMA , pengen banget Astronomi diPurwakarta itu maju dan bisa sampai punya komunitas nya. Cuman yg jd kendala saya gapunya Partner :( eskul Astronomi disekolah saya juga kurang menarik gitu , pengen minta saran nya admin.. Trims ^^

Comments -49 - 0 of 2First« PrevNext »Last

Leave a Reply