International Observe the Moon Night 2016

Apa itu InOMN?
Mungkin ada sebagian dari kalian yang belum tahu apa International Observe the Moon Night atau disingkat dengan InOMN. InOMN merupakan salah satu event astronomi yang digelar baik dari kalangan astronom amatir maupun para ahli. InOMN merupakan event tahunan yang dimulai sejak tahun 2010 atau lebih tepatnya InOMN pertama kali digelar pada 18 September 2010. Tujuan dari InOMN itu sendiri dapat kita tebak dari nama eventnya yakni untuk mengamati atau mengobservasi Bulan secara bersama-sama dari seluruh belahan dunia. Akan tetapi ada yang unik dalam penyelanggaraan even InOMN ini. Tidak seperti event-event tahunan lainnya yang setiap tahun digelar pada tanggal yang sama, InOMN setiap tahunnya digelar pada tanggal yang berbeda-beda.

Jadwal InOMN dari tahun 2010 sampai tahun 2016 beserta umur dan fase Bulan.
Jadwal InOMN dari tahun 2010 sampai tahun 2016 beserta umur dan fase Bulan.

Mengapa InOMN berbeda-beda tiap tahunya dan mengapa dilaksanakan saat Bulan pada bulan berada fase kuartil awal sampai purnama?

Mungkin bagi kalian yang pernah mengikuti kegiatan InOMN atau pun yang belum pernah mengikuti, jika kita perhatikan baik-baik tabel diatas akan muncul pertanyaan “Mengapa InOMN tanggalnya tidak sama tiap tahunnya?” Dari hasil review yang kami lakukan di website InOMN dan berbagai sumber, kegiatan InOMN dilaksanakan dengan tanggal dan fase Bulan berberda karena kegiatan InOMN bukanlah kegiatan yang “terikat”. Artinya dimana kegiatan ini sebenarnya dapat kita lakukan kapan saja. Tidak harus dalam waktu tertentu. Karena untuk mengamati Bulan, kita bisa kita lakukan kapan saja asalkan cuaca mendukung dan bulan berada dalam fase yang dapat teramati.

Lantas jika seperti itu mengapa InOMN itu diadakan?

Hal tersebut diadakan untuk menyeragamkan dan agar “kita” bersama-sama dari seluruh belahan dunia mengamati Bulan di malam dan fase yang sama. Selain itu agar kita juga mememiliki “tanggung jawab” untuk memperkenalkan dan mendekatkan masyarakat untuk lebih dekat mengenal Bulan sebagai satelit alam Bumi kita.

“Mengapa dilaksanakan di sekitar fase Bulan kuartil awal hingga Bulan cembung?”

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa InOMN ini adalah event pengamatan bulan yang ditujukan untuk masyarakat luas sehingga di butuhkan posisi Bulan di langit malam yang mudah untuk diamati. Pada fase Bulan Kuartil Awal sampai purnama, Bulan selepas Matahari terbenam akan berada tinggi di horizon sehingga sangat memudahkan kita untuk melakukan pengamatan Bulan. Sebaliknya jika InOMN dilakukan pada saat fase Bulan setelah Purnama, Bulan akan terbit di malam hari selepas pukul 20.00 dan untuk Bulan berada pada posisi yang tinggi di langit malam tentunya kita harus menunggu hingga waktu tengah malam sehingga hal ini akan menyulitkan pengamatan Bulan yang ditujukan untuk masyarakat secara luas.

InOMN 2016 dan Penjelajah Langit

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Penjelajah Langit sebagai komunitas astronomi juga tidak mau ketinggalan untuk menyelenggarakan event internasional tahunan ini. Tahun ini Penjelajah Langit akan menggelar acara open publik di kota Yogyakarta. Nah seperti apa penyelenggaraannya? Cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2016 ini PL akan mengadakan pengamatan Bulan dan pameran astrofotografi Bulan dengan topik “Nyawang Rembulan.” Acara akan diselenggarakan pada tanggal 8 Oktober 2016 bertempat di area Tugu Pal Putih Yogyakarta Pukul 19.00 – 21.00 WIB. Selain itu Penjelajah Langit dan KafeAstronomi.com juga akan membagikan sebanyak 50 miniposter dan 50 Sticker kepada masyarakat umum secara free alias gratis. So tunggu apalagi gaeees? Yuk datang ke Tugu Pal Putih tanggal 8 oktober 2016 dan mari mengamati Bulan lebih dekat bersama Penjelajah Langit.

poster-inomn-2016l

Leave a Reply