IC 2944 si nebula Ayam lari

Sebutlah namanya “Running chicken Nebula” atau Nebula Ayam lari, dinamakan demikian karena bentuk nebula nya yang mirip ayam sedang lari ntah lari mengejar atau justru sedang dikejar. Beberapa pihak juga menamakan Running chicken Nebula dengan Nebula Angry birds bahkan penemu nya menamakan nya sebagai Thackeray’s Globules.

Perbedaan nama ini tidaklah terlalu bermasalah karena “Running chicken Nebula” sendiri memiliki nama astronomis IC 2944 atau Index Catalogue 2944. IC 2944 sejatinya adalah gugus bintang terbuka yang terkait dengan emisi nebula yang terletak di Rasi Centaurus. IC 2944 ditemukan oleh astronom afrika selatan yaitu A. David Thackeray di tahun 1950. Melalui CCD Wide Field teleskop MPG/ESO yang berada di Observatorium La Silla Chili, IC 2944 diabadikan menjadi sebuah karya astrofotografi yang sangat indah dan tampak pula nebula yang berbentuk “ayam sedang lari”

IC 2944 atau Running Chicken Nebula



Zoom dari Nebula Ayam lari

Tampak nebula yang membentuk ayam sedang lari. Mau membintih kali yach 😀

Referensi & Image credit by wikipedia and MPG/ESO

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, penelitian seputar etnoastronomi merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya di komunitas astronomi Penjelajah Langit. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply