Hujan Meteor Perseids dan Okultasi Jupiter

Pertunjukan langit di musim panas ini akan berlangsung kembali. Fenomena hujan meteor akan menghiasi langit  malam diseluruh kepulauan indonesia. Pagi dini hari 12 Agustus 2012 Hujan meteor perseids akan menyapa kita di awal bulan agustus ini atau selang 2 minggu setelah hujan meteor SDA berlangsung. Namun ditahun ini hujan meteor perseids akan sangat spesial dimana saat itu terjadi pula “gerhana” planet jupiter.

Hujan meteor perseids kali ini beraktifitas mulai tanggal 17 Juli 2012 hingga 24 Agustus 2012 dan mencapai puncak pada hari minggu pagi dini hari 12 Agustus 2012. Intensitas dari hujan meteor yang diakibatkan dari sisa-sisa runtuhan ekor komet Swift-Tuttle sangatlah tinggi. Meteor yang akan berlalu-lalang diperkirakan akan mencapai 100 meteor per jam dengan kecepatan rata-rata 59 Km/detik. Tinggi nya intensitas hujan meteor perseids sungguh sangat disayangkan bilamana anda tidak menyaksikannya. Perseids akan memiliki arah radiant dari rasi perseus yang terbit dari langit ufuk timur pada pukul 01.00WIB. Namun sayang nya saat rasi perseus muncul, bulan juga terbit pada waktu yang bersamaan sehingga dapat diprediksikan cahaya bulan akan mengganggu pengamatan hujan meteor pada meteor-meteor bermagnitudo rendah.



Posisi rasi perseus di timur laut

Bertepatan dengan terbit nya bulan diufuk timur pukul 01.05 WIB maka saat itu juga dimulailah pertunjukkan okultasi jupiter oleh bulan. Apa itu okultasi jupiter oleh bulan? Okultasi sejatinya merupakan istilah yang diberikan dimana seorang observer atau pengamat menyaksikan sebuah benda langit “yang tampak lebih besar” melintas didepan benda langit “yang tampak lebih kecil” yang menyebabkan seluruh permukaan/piringan benda langit “yang tampak lebih kecil” tertutup sempurna. Pada pagi 12 Agustus 2012, planet jupiter selama 70 menit akan menghilang dari atap langit akibat tertutup nya planet jupiter oleh piringan permukaan bulan dan akan muncul kembali pada pukul 02.15 WIB. Peristiwa okultasi jupiter oleh bulan dapat disaksikan diseluruh kepulauan indonesia dan akan terulang kembali sekitar tahun 2016.

Saat-saat okultasi jupiter oleh bulan. Credit : Jean http://bit.ly/LsfoQy

 
Di yogyakarta khusus nya, Jogja Astro Club mengadakan acara hunting meteor shower dan okultasi jupiter yang akan diadakan pada malam minggu 11 Agustus 2012 hingga pagi dini hari 12 Agustus 2012. Acara akan dibagi menjadi 2 bagian. Acara pertama yaitu observasi hujan meteor yang akan diadakan di landasan pacu FASI pantai depok mulai dari jam 21.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB kemudian diteruskan acara yang kedua yaitu pengamatan okultasi jupiter oleh bulan yang bertempat di markas & observatorium JAC. Bila fasilitas memungkinkan, Kafe Astronomi.com akan mengadakan live streaming yang dipublikasikan oleh Tim Jogja Astro Club dari observatorium JAC. Semoga langit cerah dan Happy Skygazing.

Eko Hadi G

Penulis dan editor di Kafe Astronomi.com yang mendalami dunia astronomi amatir semenjak tahun 2010. Selain astrofotografi, penelitian seputar etnoastronomi merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya di komunitas astronomi Penjelajah Langit. Email : ekohadigunawan@gmail.com Fb : Eko Hadi G

Leave a Reply