Hubble Temukan Bulan Baru di Planet Neptunus

Teleskop luar angkasa Hubble milik NASA telah menemukan satelit alam yang mengorbit planet Neptunus. Satelit alam atau bulan yang telah ditemukan oleh Hubble menjadikan Neptunus menjadi planet gas yang memiliki jumlah satelit alam sebanyak 14 buah.

Bulan Neptunus diberi nama dengan S/2004 N 1, diperkirakan bulan ini tidak lebih dari 12 mil ukurannya dan membuat nya menjadi satelit alam terkecil dalam sistem neptunian. Ukurannya yang sangat kecil dan redup membuatnya sulit untuk diamati. Ia 100 juta kali lebih redup daripada bintang redup yang dapat dilihat oleh mata manusia. Saking redupnya, saat wahana antariksa NASA voyager 2 melintas di Neptunus pada tahun 1989, bulan baru yang dikenal dengan S/2004 N 1 luput dari pengawasan dan tidak terdeteksi oleh Voyager 2.

Mark Showalter dari Institut SETI di montain view California, menemukan bulan ini pada 1 juli saat ia mempelajari ruas-ruas pada cincin Neptunus. “Bulan-bulan dan orbit cincin neptunus sangatlah cepat, jadi kami harus menemukan cara untuk mengikuti gerakan mereka agar mendapatkan detail dari sistem ini,” tambahnya “Hal ini sama seperti alasan fotografer yang memotret seorang atlit saat berjalan. Foto atlit fokus namun latar belakangnya menjadi kabur/blur.”

Metode yang digunakan melibatkan pelacakan pergerakan titik putih yang muncul berulang-ulang pada lebih dari 150 arsip foto Neptunus yang diambil oleh Hubble pada tahun 2004 hingga 2009.



Pada penelitiannya, Showalter tampak jauh melampaui pengamatan terhadap segmen-segmen cincin Neptunus dan ia melihat titik putih sekitar 65.400 km dari Neptunus yang terletak antara orbit bulan Neptunus yaitu Larissa dan Proteus. Titik putih inilah yang kemudian dianggap sebagai bulan baru Neptunus dengan nama S/2004 N 1. Showalter telah menghitung lingkaran orbit S/2004 N 1 dan dalam revolusinya S/2004 N 1 hanya butuh waktu 23 jam untuk satu kali mengelilingi Neptunus

Foto komposit HST yang menampilkan penemuan bulan baru di Neptunus. Bulan baru ini diberi nama S/2004 N  dan mengorbit Neptunus selama 23 jam dalam satu kali orbit. Gambar di rilis pada 15 juli 2013. Sumber : NASA, ESA, and M. Showalter (SETI Institute)
Foto komposit HST yang menampilkan penemuan bulan baru di Neptunus. Bulan baru ini diberi nama S/2004 N dan mengorbit Neptunus selama 23 jam dalam satu kali orbit. Gambar di rilis pada 15 juli 2013. Sumber : NASA, ESA, and M. Showalter (SETI Institute)

Teleskop luar angkasa Hubble adalah proyek kerjasama antara NASA dan ESA (European Space Agency). NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Md, sebagai pengelola teleskop sedang Space Telescope Science Institute (STScI) di Baltimore-lah yang bertugas melakukan operasi ilmu Hubble. STScI dioperasikan oleh Asosiasi Universitas Riset di Astronomi Inc, di Washington.

Infografik S/2004 N 1. Sumber : Space.com
Infografik S/2004 N 1. Sumber : Space.com

Sumber
Artikel : SpaceFlightNow.com
Infografik : Space.com

Leave a Reply